TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Belajar Gitar Mode Ionian, Dorian, Locrian, Phrygian, lydian, Augmented


Apa itu belajar gitar mode Ionian, Dorian, Locrian,  phrygian, lydian, lydian augmented memang sedikit membutuhkan pemahaman kusus, namun jika seorang gitaris sudah menguasai materi ini mereka akan lebih gampang untuk mengolah sekil mereka kedepanya.

Guitar modes ini memang termasuk materi dasar dalam belajar melodi gitar atau nada dasar gitar ang harus di kuasai oleh semua gtaris.

Pada dasarnya  Dorian, Locrian,  phrygian, lydian, lydian augmented dll ini hanyalah sebuah rumus untuk mengelompokan note atau nada  pada gitar agar lebih gampang dalam menghapal dan memahaminya, sehingga jika seseorang melihat atau mendengarkan permainan gitaris lain mereka tahu memakai apa permainan gitaris tersebut.

Tak hanya itu juga rumus ini juga bertujuan untuk mempermuadah dalam merangkai sebuah lead guitar atau improfisasi permainan gitar melodi dan mengulik melodi dari sebuah lagu.

Berikut adalah penjelasan  mengenai  Ionian, Dorian, Locrian,  phrygian, lydian diil


1. Ionian adalah istilah nada pertama atau nada major yang dipakai di dalam tangga nada, yaitu modes.
 contoh rumus jarak major (ionian):  1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1
nada pertama kita ambil contoh C major, jarak dari masing-masing nada adalah :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
C - D - E - F - G -A - B - C
jadi ionian dapat dikategorikan sebagai nada major dengan posisi di C major.

2. Dorian adalah nada kedua dari Ionian, seperti contoh diatas, nada kedua setelah C adalah D, maka jalur atau line yang dipakai adalah lines dari C major.  jadi pada nada kedua setelah C major adalah D dorian minor.

contoh: menggunakan rumus sebagai berikut :
1 - 2 - b3 - 4 - 5 - 6 - b7 - 1
D = 1 (nada pertama)
b = flat/mol (penurunan 1/2 nada)

3. Locrian adalah nada ke 7 dari nada B, Locrian yaitu nada yang bernafaskan Diminished, atau disebut Bdim. memiliki rumus sebagai berikut : 1 - b2 - b3 - 4 - b5 - b6 - b7 - 1.
Jika masih bingung anda dapat melihat table di bawah ini.
Mode ionian Pada Gitar

Banyak sekali macam-macam Modes didunia ini semua tergantung dari fungsi dan manfaat masing-masing modes major, minor, diminished atau lain-lain. seperti Contoh : phrygian, lydian, lydian augmented, hindu dan masih banyak lagi yang lainya.

Type above and press Enter to search.