TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Cara Mudah Meluruskan Neck Gitar Bengkok Melengkung Cembung Dan Cekung


Bagaimana cara Memperbaiki meluruskan Neck Gitar atau setang gitar yang bengkok, melengkung cembung atau cekung agar lurus kembali?. Neck Gitar Akustik ataupun gitar elektrik bengkok memang kerap terjadi pada gitar akustik , elektrik dan bass. hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi di antanya adalah.

Penyebab neck gitar bengkok

tegangan atau kekencangan senar gitar yang berlebihan. sehingga neck menjadi bengkok. Ini biasanya terjadi karena mungkin senar yang anda digunakan berukuran sangat tebal, misalnya diatas 0.12. Ada baiknya anda menggunakan ukuran senar yang standard atau yang lebih kecil, misalnya ukuran 0,09 agar mengurangi tingkat tegangan pada neck gitar anda.


Perlu kita ketahui bahwa didalam neck gitar, terdapat besi panjang yang berfungsi untuk menstabilkan dan meluruskan neck gitar, disebut Truss Rod..

Dimana kah letak truss rod pada gitar Akustik dan elektrik.

Truss road gitar umumnya di letakan di dalam neck atau setang gitar, atau dengan kata lain truss road gitar itu di tanam di dalam kayu setang gitar. Namun ada perbedaan letak mur untuk penyetelanya antra gitar akustis dan gitar listrik.

1) letak trusroad Gitar Elektrik

letak trusroad gitar elektrik

Umumnya, letak Truss Rod di Gitar Elektrik terdapat di awalan headstock.. Ada yang langsung terlihat mur truss rodnya seperti Fender, ada juga yg tertutup seperti Ibanez.. Yang tertutup dibuka dulu penutupnya, maka akan terlihat mur Truss Rodnya..

  • 2) letak trusroad Gitar Classic / Acoustic 




Untuk Gitar Classic / Acoustic, trussroad umumnya ada di deket soundhole (lubang body). Tepat dibawah yg kotak merah tersebut, nanti ada mur Truss Rodnya..


Lalu, apakah murnya dengan obeng biasa? oh tentu tidak.. sediakan kunci L untuk gitar !




Berikut Cara memperbaiki neck gitar yang bengkok versi zonagitar.net


Perhatikan gambar kondisi neck dibawah ini :


1) Apabila neck kita terlalu cembung ( akan mengakibatkan senar menjadi ceper atau ngeprek ), maka putar trust rod berlawanan dengan arah jarum jam 

2) Apabila neck kita terlalu cekung ( akan mengakibatkan action senar menjadi tinggi ), maka putar trust rod searah dengan putaran jarum jam.


Akan tetapi harus di ingat bahwa ketika memutar Trust Rod sebaiknya jangan melebihi dari ¼ putaran per harinya, karena kayu dari neck Bass kita memerlukan penyesuaian terhadap pressure / tarikan atau tekanan dari Trust Rod tersebut.

Type above and press Enter to search.