TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Memilih Jenis Dan Ukuran Fret Gitar Akustik Elektrik

Jenis Dan Ukuran Fret atau Grip Gitar
Jenis fret pada gitar tipe dan ukuran fret grip gitar memang cukup banyak, untuk harga  Fret Gitar pun ber variatif  Tergantung Jenis Dan Bahan Fret gitar itu sendiri. 

Fret gitar dibagi menjadi kategori  3 Ukuran 

frets gitar jumbo frets medium jumbo dan Fret gitar Small . tergantung kesukaan masing masing indifidunya . 

Jenis bahan fret gitar yang biasa kita lihat itu ada 5 jenis fret yaitu : 


  1. Fret gitar Perak , 
  2. Fret Nikel 
  3. Fret Stainless  Steel 
  4. Fret kuningan,
  5. Fret alumunium.

biasanya Fret gitar yang memakai jenis alumunium yaitu guitar akustik “ gitar bolong “ kualitas ekonomis yang harganya berkisar di bawah 200 ribuan atau sering di sebut gitar sayur

Apa itu fret gitar???

Fret atau grip gitar adalah strip kawat tipis berjarak pada interval yang sangat tepat sepanjang seluruh panjang fingerboard. 

fret gitar di produksi secara gulungan tatapi sekarang sudah banya dijual di toko too musik dengan potongan yang sudah siap pasang.jadi anda tidak perlu lagi memotong dan takut salah potong dalam mengukur panjang pendeknya.material fret umumnye 18 % nickel-silver, tp ada juga yg stainless steel seperti keluaran Warmoth. keunggulan stainless-steel awet karena lebih keras dari nic-silver jadinye gak cepet worn-down.material fret jelas pengaruh ke suara,

Berapa ukuran setandard fret itu????

Fret gitar juga ada macam macam ukuran Setandard lebar crown, tinggi crown , dama tinggi tang.
Crown = bahan atas fret yang kayak bunder setengah lingkaran
Tang = bagian bawah yg buat ditanem ke fretboard. rata2 udah pas ama slot di fretboard. 0.023"
kategori ukuran fret dari lebar crown umumnya :

  • 0.100" - 0.118" = jumbo ( ibanez, jackson )
  • 0.080" - 0.095" = medium ( Fender, Gibson, Martin )
  • 0.053" - 0.078" = small ( mandolin, banjo, akustik )

Kebanyakan gitaris tidak tau bahwa untuk mendapatkan  playability fret yang bagus, fret harus dibuat bunder lagi atasnya, karena  pas leveling pasti rata. cuman kalo fret gitar2 baru di "dressing " seddemikian rupa, pasti harganye jadi lebih mahal. itulah kenape rata rata  gitar yang baru keluaran pabrik hanya di dressing "seadanya".

pngaruhnye kalo yg rata ntu bikin susah di bending dan intonasi kalo senar dipencet jadi kadang gak beres. karena senar bertumpu pada penampang fret yg lebar, bukan pada satu titik ( yg bunder )
Fembuat utama fretwire adalah , California-based Dunlop Manufacturing Inc , menghasilkan lima utama fret ukuran (Gambar 3). Terdaftar dengan nomor bagian, nama (bila ada), lebar dan tinggi mahkota mahkota, mereka, dari terkecil sampai terbesar:

Type above and press Enter to search.