Para dewa gitar IndonesiaI sepert Wayan Balawan (Batuan Ethnic Fusion), Bengbeng (Pas Band), John Paul Ivan (mantan gitaris Boomerang yang kini bergabung di RI1 Band, Ipunk (Power Metal), dan Andy Owen  akan unjuk gigi sekaligus bagi-bagi ilmu gratis dalam acara Djarum Super GitarPlus Gitaran Sore 2013.
Acara yang digelar di Atrium Solo Square Sabtu (21/12/2013) mulai pukul 16.00 WIB-22.00 WIB ini Tak hanya disuguhi penampilan para gitaris handal Tanah Air, acara ini juga menjadi ajang unjuk gigi bagi anggota komunitas gitaris se-Soloraya, Solo Guitar Community (SGC).
Penggagas kegiatan sekaligus pendiri Majalah GitarPlus, Caecilia Intan Pratiwi, mengutarakan gelaran ke-23 di Solo bakal menjadi penutup rangkaian gelaran GitarPlus Gitaran Sore. Berbeda dari sejumlah kota di Indonesia yang menyajikan komposisi gitaris yang beragam, ajang unjuk kebolehan sekaligus coaching clinic di Solo nanti bakal didominansi gitaris beraliran rok.
“Sebelumnya kami menawarkan kepada anggota komunitas gitar di Solo, siapa saja gitaris yang ingin diundang ke Solo. Mereka minta agar komposisinya lebih banyak gitaris rok. Kami tidak bisa merealisasi semua gitaris berhubung jadwal mereka juga padat. Akhirnya para gitaris ini yang terpilih dan dibawa ke Solo,” terang perempuan yang akrab disapa Intan ini, ketika berbincang dengan Espos, Jumat (20/12/2013) sore.
Intan mengutarakan Solo dipilih menjadi salah satu kota yang disambangi acara Gitaran Sore lantaran melihat besarnya potensi dan atensi gitaris lokal Solo. “Seperti semangat awal saya saat membuat acara ini, lewat acara ini kami ingin mengembangkan bakat potensial gitaris lokal. Solo sendiri saya lihat komunitas gitarisnya sudah berkembang dan para personelnya aktif,” ujarnya.
Secara terpisah, Ketua Solo Guitar Community, Yura Palestrina, mengatakan 15 dari 50 gitaris yang tergabung di komunitasnya bakal turut memeriahkan gelaran ini. “Ada sekitar 15 anggota Solo Guitar Community yang ikut perform. Mereka akan jamming dan bermain dengan komposisi minus one,” bebernya.
Menurut Yura, acara tersebut menjadi salah satu gelaran yang ditunggu Solo Guitar Community. Selain bisa memperkaya kemampuan bermusik anggotanya, lanjutnya, acara ini juga bisa sarana kumpul-kumpul komunitas musik di Solo.
Lebih baru Lebih lama