Tips Agar Gitaris Bisa Menjadi Seorang Endorser Produk Alat Musik


Bisa di endors oleh sebuah brand "merek" alat musik merupakan impian semua musisi terutama bagi seorang gitaris, terlebih jika berhasil di endors oleh brand besar dunia wooww. Namun untuk mencapai ini semua di perlukan perjuangan yang tak mudah  agar kita bisa menjadi seorang endorser sebuah merek alat musik.

 Sering kali seorang musisi bertanya-tanya tentang bagaimana caranya di endors , bagaimana agar membuat pemegang merek alat musik percaya kepada kita dan sebagainya. di sini Zonagitar bakal memberikan tips -tips nya untuk teman-teman semua sebagaimana juga mungkin yang sudah dialami endorser lainnya.

Seorang endorser adalah " Musisi " yg dipilih oleh sebuah pabrikan /distributor alat musik yg mempercayakan produknya untuk dipakai oleh si musisi terpilih tersebut. dengan maksud dan tujuan tiadalain adalah agar produk tersebut bisa di promosikan oleh si Musisi dan dapat di ketahui lebih luas di kalangan musisi. dalam artian bahwa si musisi adalah kepanjangan tangan dari pemegang merek alat musik untuk mewakilinya dalam ber promosi !!

1. MEMPUNYAI KARAKTER TERSENDIRI

Karakter bermusik saat kita memainkan sebuah instrumen , itu adalah acuan utama dari sebuah pabrikan / distributor untuk menarik kita menjadi Endorser merek yg dipasarkan oleh pemegang merek tersebut. Pemegang merek tidak selalu berpatokan kepada seorang musisi yg mempunyai skill yg hebat yg harus menjadi endorser. banyak pemegang merek alat musik mengatakan kepada saya bahwa mereka mencari musisi yg " Berbakat , mempunyai Karakter permainan sendiri , mengerti produk yg dia pakai " itu saja sudah cukup . diluar itu masalah skill yg sangat bagus itu juga menjadi nilai plus nya.

2. KEPERCAYAAN DIRI YG KUAT

Keprcayaan diri adalah modal utama seorang endorser , karena itu juga masuk kedalam kriteria penilaian jika kita ingin menjadi seorang Endorser . mengapa karena jika kita tidak percaya diri maka akan kacau jika kita sudah berdiri didepan halayak penonton saat kita sedang berpromosi produk yg kita pakai , kita akan grogi , tidak dapat berbicara , artinya banyak kendala nantinya yg berimbas kepada pola permainan kita disaat kita sedang mendemokan produk yg kita pakai ( endors ). jadi seorang endorser jadilah diri sendiri , mempunyai percaya diri yg kuat , tidak mempunyai rasa minder .. dan pandai berbicara di depan orang banyak .

3. DAPAT MENJADI SEORANG PRODUK SPESIALIS

Kita di percaya sebuah produk , kita di kontrak , diberi alat gratis , kita di suruh berpromosi . maka artinya kita harus mau tidak mau menjadi seorang produk spesialis dan mengerti seluk beluk sebuah instrument alat petik Bass atau gitar ! kalo kita belum menguasai seluk beluk itu , kita tidak akan begitu berhasil menjadi seorang endorser dan tidak akan di pertahankan lama oleh si pemegang merek yg meng endors kita !

Disitulah gunanya kita belajar segala sesuatu tentang instrumen yg kita pakai , dari mulai apa kayu nya , apa pickupnya , apa keunggulanya , apa kelemahanya , bagaimana pengoprasianya , apa perbandinganya dengan produk sejenid beda merek dll. jadi kita harus mengerti betul tentang ini. jika kita sudah mengerti hal semacam ini. 80% anda sudah dapat membuat pemegang merek tertarik untuk menjadikan anda seorang " Endorser " nya !


4. BERILAH KEPERCAYAN KEPADA PEMEGANG MEREK ALAT MUSIK

Ini sebenarnya hal terpenting yg bisa menjadikan anda seorang endorser. kemukaakan pada distirbutor / pabrikan saat anda sedang melamar menjadi seorang Endorser bahwa : " Saya siap memajukan produk yg sedang anda pasarkan " misalnya. atau dapat juga anda yakinkan pemegang merek bahwa : " saya ingin bekerja sama bersama-sama menaikan derajat produk yg anda pasarkan dengan sekuat tenaga saya " misalnya. hal-hal semacam itu menjadi sbuah motivasi bagi pemegang merek untuk mempertimbangkan anda menjadi seorang Endorser merek yg dia pegang !

5. ARTIS ENDORSER

Jika anda seorang Artis rekaman entah itu pemain Bass , gitar , drum dan lainya . maka yakinkanlah pemegang merek bahwa : jika setiap kesempatan band anda tampil senan tiasa ada akan meng " eksplore " alat yg anda pakai semaksimal mungkin , selalu mempertontonkan alat yg anda pakai . Jika tampil di TV maka alat yg anda pakai mereknya bisa dilihat semua orang yg menonton TV . bukankah itu sebuah sarana promosi yg ampuh ? . 

Mintalah kepada pihak yg mensuport alat kepada anda untuk senantiasa membuat satu acara klinik dengan nama besar band anda atau hal lainnya . biasa nya ada kalanya penonton klinik datang beramai2 ke tempat anda klinik hanya ingin melihat sang Artis pujaanya bermain sendirian di atas panggung. pakailah itu sebagai senjata anda untuk berpromosi alat yg anda pakai. intinya anda sukses berpromosi maka bayaran kontrak endors anda pun pasti akan di pertimbangkan untuk naik , karena apa sesuai dengan hasilnya !!

6. PERCAYA DENGAN ALAT YG KITA PAKAI

Pihak yang meng endors kita sangat senang kalo artis endors nya mempunyai kepercayaan yg tinggi saat memakai alatnya . jangan anda sudah menjadi endorser sebuah alat lantas anda tidak PD dengan alat yg dipakai , apapun mereknya , apapun bentuknya jika kita sudah menjadi artis endorser ya harus percaya diri memakai barang yg kita pegang. janganlah kita menjadi endorser hanya suka karena " uang Kontraknya " , " jalan-jalan keliling luar kota promosi Gratis dan dapet uang klinik " dan sebagainya . ternyata selagi tidak kelihatan oleh sponsor kita diam-diam kita tidak memakai prodaknya. Ini tidak disukai si pemegang merek dan anda akan cepat terusir dari singasana seorang endorser, citra anda akan buruk.

7. DIMANAKAH KESEMPATAN MENJADI ENDORSER ITU BERADA ?

Langsung saja saya katakan bahwa : kesempetan menjadi seorang endorser & clinician itu masih sangat terbuka lebar . asalkan kita mau mencari & bergaul . Dekati orang2 Distributor , pabrikan dsb .. saat mereka sedang berpameran , kemukakan keinginan kita dan buat surat lamaran kepada mereka. Masih banyak pemegang merek yg membutuhkan jasa kita untuk mempromosikan barangnya. asal kita ada kemauan , keberanian dan percaya diri yg kuat.

Di Indonesia banyak yg kita bisa hubungi untuk menjadi artis endorser tinggal cari di Internet produk yg kita inginkan untuk men suport musikalitas kita dan menghubungi mereka dengan melamar menjadi endorsernya , pasti ada jalan menuju kearah sana menjadi seorang " ENDORSER " produk mereka bila mereka memang menyetujuinya.

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}