7 Tips Rahasia Jadi Pemenang Di Kompetisi Gitar


Jadi Pemenang di ajang kompetisi atau lomba gitar online maupun live bergengsi memang impian setiap gitaris, namun terkadang banyak gitaris yang putus asa karena tidak pernah juara di kompetisi yang di ikutinya, Sehingga mereka penasaran sebenarnya rahasianya apas sih agara bisa menang di kompetisi gitar.

Persiapan yang matang serta latihan yang serius sebelum mengikuti kompetisi gitar turut menetukan keberhasilan seseorang. Nah berikut tip- tips gitaris saat atau sebelum megikuti ajang Kompetisi Gitar ala Pupun Dudiyawan (ex gitaris band kapten) yang di tulisnya dalam blog pribadinya yang wajib kamu coba.

1. Bawakan Lagu Sendiri

Banyak gitaris yang merasa tidak percaya diri untuk menunjukan lagu / instrumen ciptaannya sendiri dan cenderung lebih suka membawakan lagu orang lain. Padahal ini merupakan nilai plus jika kamu perform dengan lagu karya sendiri. Disini kamu terlihat berbeda dengan gitaris atau peserta lainya karna kreatifitasmu dibidang musik dan gitar menjadi poin yang patut di pertimbangkan juri dengan membuat karya asli dan orisinil. bahkan pada kontes gitar internasional peserta di tuntut harus membawakan kreasi sendiri yang belum pernah di share orang lain.

2. Enak Didenger

Buatlah sang juri nyaman dan menikmati  permainan gitarmu. Dengan teknik gitar yang mumpuni dan komposisi musik atau nada-nada yang pas akan membuat sang juri ingin mendengarkannya sampai habis dain ini membuat peluang buat kamu bisa menang di kompetisi gitar. Percumah jika kamu mengeluarkan segenap teknik gitar yang di kuasai namun amburadul juri akan langsung menutup telinga dan bahkan langsung menutup video perform mu (Jika pada kompetisi gitar Online)

3. Mainkan Jenis Genre Yang Paling Disukai

Memainkanlah genre musik yang paling kamu sukai dan juga kamu kuasai. jika kamu suka genre Rock Metal seharusnya kamu mengusai dan jago permainan musik metal, atau jika kamu suka musik Blues/jaz, maka mainkanlah Blues/jaz. karena disinilah soul atau jiwa dari permainan gitar kamu akan di penilaian oleh juri.

4. Harus Punya Referensi Musik


Refrensi sangat di perlukan seorang musisi dalam bermusik, jadi kamu pun harus  mempunyai musik yang bisa di jadikan referensi untuk kamu jadikan inspirasi dalam permainan gitarmu. Di internet Banyak karya karya legenda gitar dengan genre yang berbeda-beda yang bisa kamu amati, dan modifikasi. agar kamu mudah dalam menciptakan lagu sendiri.

5. Cari Tau Siapa Jurinya


Dengan kamu mengetahui siapa yang bakal menjadi juri dalam kompetisi gitar, maka kamu akan mengetahui genre musik apa yang di sukai oleh sang juri. jika jurinya berasal dari salah satu band metal, pastinya dia akan lebih memilih musik bergenre metal. namun biasanya juri itu lebih dari 1orang? maka kamu harus membuat aransemen lagu yang bisa masuk ke semua juri agar semakin banyak mendpat nilai plus dari banyak juri.

6. Menerima Masukan

Usahakan selalu mengkoreksi dan meminta masukan dari permainan atau hasil karya musik yang sudah  kamu buat dengan mengshare ke temen-temen atau sahabat yang juga paham tentang musik. Dengan begitu kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari musik yang sudah dibuat.

 7. Rekam Dengan Kualitas Terbaik

 Rekamlah permainan gitar kamu dengan kualitas terbaik agar bisa didenger secara detile oleh juri, jika hasilnya bagus maka kesempatan buat ngerebut hati juri semakin besar dan kemungkinan menjadi pemenang juga semakin besar.

Nah semoga tips di atas bisa mengantarmu menuju kesuksesan dan kemenangan.

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}