TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Gitar Black Beauty Les Paul Siap Dilelang

 

NEW YORK- Mimpi anda untuk memiliki gitar Les Paul Blac Beauty sebentar lagi jadi kenyataan, pasalnya Gitar ikonik Les Paul yang dikenal dengan nama "Black Beauty" bakal dilelang di New York pada 19 Februari mendatang. 

Instrumen listrik yang merupakan prototipe gitar Les Paul Custom bikinan Gibson Guitar Company itu akan dijual oleh Guernsey's Auctions di Arader Galleries.

Tidak ada taksiran harga pralelang atau harga awal yang ditetapkan untuk instrumen itu. Tapi beberapa pakar musik yakin harganya melebihi rekor harga lelang 965.000 dolar AS yang dibayar pada 2013 untuk gitar Bob Dylan yang dimainkan pada pertunjukan elektrik pertamanya di Newport Folk Festival 1965.

"Instrumen ini ibarat Cawan Suci karena merupakan gitar Les Paul pertama yang dibuat oleh Mr. Les Paul, yang melahirkan ribuan dan ribuan instrumen dengan nama ini dan serupa instrumen dengan ini," kata Presiden Guernsey's Arlan Ettinger seperti yang diwartakan Reuters.

Paul, musisi dan penemu, berkolaborasi dengan pembuat gitar Gibson, yang mendekatinya pada awal tahun 1950an untuk membuat gitar listrik.
Bodi gitar solid dikirim ke Paul pada 1954 dan terus dimodifikasi karena sang musisi ingin menyempurnakan suaranya hingga terakhir digunakan pada 1976. Ia lalu memberikannya pada sahabat karibnya Tom Doyle.
Gitar hitam bertatah emas pada pinggiran dan beberapa bagiannya itu, menurut Ettinger, awalnya memiliki tampilan yang berbeda.

"Tapi dalam 20 tahun itu berubah karena dia bereksperimen menghasilkan untuk bunyi baru dan kesenangan maksimal dari apa yang ia buat," kata Ettinger.

Modifikasi dan perubahan "Black Beauty" menjadi standar bagi gitar Les Paul lainnya, yang antara lain dipakai oleh Eric Clapton, Jimmy Page, Neil Young dan Jeff Beck. (zonagitar)

Type above and press Enter to search.