Berkat Gitar Kalengnya Musisi Buta Ini Hebohkan Dunia Maya

 Sorang pria tuna netra asal Liberia bernama Weeseh Freeman hebohkan jagad maya dengan gitar kaleng yang unik. Belum diketahui secara pasti berapa usianya. Sebelum seorang bernama Nicky Ramchandani merekam aksinya dan mengunggahnya di media sosial, Freeman hanyalah seorang musisi jalanan biasa. Sehari-hari ia mencari uang recehan di jalanan Kota Monrovia, Liberia.
Berkat Gitar Kalengnya Musisi Buta Ini Hebohkan Dunia Maya

Nicky, seperti dipaparnya di laman singersong.com, mengatakan sebelum bertemu Freeman, ia telah mendengar dari orang-orang di Monrivia perihal keistimewaannya. Selain buta, Freeman juga bernyanyi dengan iringan instrumen tak biasa.

Freeman menyebutnya gitar. Tapi itu sesungguhnya hanya kaleng yang dirakit sedemikian rupa hingga menyerupai gitar. Kaleng tersebut, bekas wadah oli, disambungkan ke sebatang kayu. Pada ujung kayu itu ia menyematkan tiga paku sebagai "cantolan" bagi tiga senar nilon.

Tidak ada ada grip. Hanya ada empat kawat yang diikatkan melintang pada batang kayu. Ajaibnya, "gitar" ini bisa bunyi dan bernada pula.

Video Weeseh Freeman menyanyikan O! Chips, lagu beraliran reggae yang populer di Nigeria, yang diunggah Nicky tiga bulan lalu ini, seperti dilansir Metro UK, selain telah ditonton lebih dari 600 ribu kali, juga berimbas pada kehidupan sang musisi.

Ia beberapa kali diundang oleh stasiun-stasiun televisi di Liberia. Ia juga mendapatkan lebih banyak kesempatan tampil di panggung-panggung musik. Dan tentunya, sekarang ia telah mendapatkan gitar sungguhan.

Meski demikian, ternyata, Weeseh Freeman tetap saja mengamen. Dan tiap kali mengamen, ia meninggalkan gitar sungguhan, dan kembali pada gitar kalengnya yang fenomenal itu.(ags)

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}