Mengatasi Noise yang timbul pada gitar elektrik, baik single coil maupun humbucker biasanya ditemukan dengan melepas kabel secara sistematis berdasarkan urutan seperti gambar dibawah ini.  Jika noise timbul diantara titik 1 dan 6, berarti noise disebabkan oleh kabel, atau efek, solusinya adalah ganti atau perbaiki kabel/efek.

Noise yang terdengar pada ampli maupun recording, biasanya disebabkan pada titik kontak (jack/connector) maupun antar dua titik yang berdekatan seperti gambar diatas (kabel, efek, atau gitar dan ampli). noise yang terdengar pada ampli maupun recording, biasanya disebabkan pada titik kontak(jack/connector) maupun antar dua titik yang berdekatan sepertigambar diatas (kabel, efek, atau gitar dan ampli).

Jika noise ternyata timbul karena gitar itu sendiri, berupa noise atau buzz yang bisa hilang dengan menyentuhkan jari pada string atau bridge. Noise atau buzz semacam ini timbul karena wiring yang kurang tepat.

Banyak juga noise yang timbul karena gangguan gelombang elektromagnetik atau Electro Magnetic Interference/Radio Frequency (EMI/RF), seperti buzz yang timbul karena gitar berada didekat aliran listrik, pemancar radio, neon panggung, microwave, layar monitor komputer hingga handphone yang menimbulkan suara “teretet..teretet..teretet..” pada amplifier.

 Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal-hal tersebut, diantaranya adalah :
– Pickup gitar yang kurang bagus alias sudah berkarat atau sudah rusak (bermasalah)
– Wiring (Pengkabelan) yang kurang bagus di dalam gitar, efek gitar, sampai wiring antar efek menuju ke ampli.
– Kurangnya grounding pada sistem set up instrument.
– Power Supply (adaptor) dan Sumber tegangan AC yang tidak stabil.
– Komponen pada efek gitar dan ampli yang kurang bagus.
– Adanya Induksi elektromagnetik dari alat lain (seperti transformator,dll)
– Dan lain-laian :)
Oleh karena itu silahkan instropeksi dan periksalah sistem instrumen anda ! :)
 

Beberapa solusi yang mungkin bisa diterapkan agar noise dan hum bisa diminimalkan adalah sebagai berikut :
– Pakailah pickup gitar yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Disarankan yang original ya, jangan bajakan. :)
– Wiring (pengkabelan) yang benar dan rapih. Pakailah kabel yang berkualitas. Semakin pendek kabel, hasilnya akan semakin bagus.
– Pastikan grounding di instrumen anda sudah cukup dan bagus. Contoh membuat sistem grounding bisa dilihat pada gambar di bawah.
– Pakailah power supply yang bagus. Usahakan memakai stabilizer agar sumber tegangan AC stabil.
– Pastikan anda menggunakan efek gitar dengan kualitas bagus, yang memakai komponen High Grade.
– Gitar dan efek gitar diusahakan tidak terlalu dekat dengan alat yang bisa menimbulkan induksi elektromagnetik seperti transformator, dll.
Lebih baru Lebih lama