TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

3 Cara Mudah Mencari Kunci Dan Melodi Gitar Pada Lagu

Mencari kunci gitar

Untuk mencari kunci gitar atau chord atau mengulik melodi gitar dari sebuah lagu yang di sukai memang membutuhkan skill khusus dan hanya bisa di lakukan oleh gitaris Pro atau tingkatan yang lumayan tinggi. karena di sini keakuratan feeling dan kepekaan pendengaran sangat berperan penting untuk bisa membaca not yang di mainkan pada sebuah lagu yang kita dengar.

Kebiasaan gitaris pemula pada umumnya ialah mereka selalu ingin bisa memainkan lagu yang mereka sedang sukai atau sedang booming, namun kendalanya adalah saat mencari kord atau melody pada lagu tersebut.

Nah berikut zonagitar.net kasih beberapa langkah yang mungkin bisa kalian ikuti dalam mengulik kord/melodi  Lagu

  • Dengarkan Lagu Sesering Mungkin

Cara yang pertama bisa di mulai dengan mendengarkan lagu sesering mungkin, hal ini akan membuat kita bisa menghapal semua urutan lagu dan nada-nadanya bahkan kita bisa menghapal semua lirik lagunya. Ini akan sangat membantu sekali ketika kita akan menentukan nada dasar dan mencari kunci gitar atau chord lagu.

Bahkan jika kita sudah terbiasa dan sering mendengarkan lagu, kita nantinya secara spontan bisa menebak arah perpindahan chord (chords progression) pada lagu tersebut. Untuk bagian melodinya mungkin kita bisa menghapal bahkan di luar kepala seperti kita menyanyikannya dan merealisasikannya dalam permainan gitar dengan menggunakan berbagai teknik bermain gitar dan menggunakan scale gitar yang sesuai.

  • Menyesuaikan dengan Kemampuan atau Skill

Terlepas dari latar belakang teman-teman dalam belajar gitar, apakah belajar secara otodidak atau teman-teman dibekali dengan banyak teori musik atau gitar di sekolah musik atau kursus/private musik, disarankan untuk bisa menggunakan semua teknik bermain gitar secara maksimal dan bahkan akan lebih baik jika kita memainkan lagu tersebut sesuai dengan kemampuan kita sendiri tanpa harus terpaku kepada meniru secara mutlak dan persis seperti lagu aslinya.

Temen-temen bisa lihat banyak sekali lagu terkenal yang dimainkan dalam versi gitar cover malah hasilnya terkadang mengejutkan dan luar biasa karena hasilnya bisa lebih baik dari lagu aslinya dan disukai banyak orang.

  • Mencari Tablature Gitar

Nah pada langkah ke tiga ini  merupakan cara yang paling efektif untuk menemuka melody gitar pada lagu, di era modern seperti sekarang ini, teknologi pun semakin canggih banyak tablature digital yang banyak beredar di internet dan iini pastinya bisa membantu kita dalam berkreasi dalam berbagai hal termasuk dalam bermain gitar.

Dengan enggunakan bantuan internet kita bisa mencari arransement lagu yang bakal kita ulik dengan mencari versi Tablature Gitar dari lagu tersebut, untuk selanjutnya bisa kita baca atau kita contek saja untuk  bisa memperkaya permainan gitar kita.

Banyak sekali para musisi atau pemain gitar yang meng arransement lagu-lagu populer dan membagikan tablature gitarnya secara free gratis di internet dalam berbagai format file seperti .pdf atau bahkan dalam format .gp yang bisa dimainkan dengan software Guitar Pro. Ada banyak website-website penyedia tablature yang bisa kita unduh baik berbayar maupun free.

Untuk kamu yang belum paham atau belum bisa membaca tablature bisa baca "Cara singkat membaca tablatur gitar"   

Baca Juga

Arti Simbol Yang Digunakan di Tablature Gitar 

Isitlah Dalam Teknik Gitar Dan Tabulatur

Type above and press Enter to search.