Imange: ibanez.co.jp

Ibanez RG90BKP merupakan konsep gitar terbaru yang ditawarkan Ibanez. dibekali dengan sembilan senar sehingga menghasilkan ekstra sound yang low, tebal, modern dan berenergi. Gitar ini sangat cocock untuk para gitaris rock metal yang suka bereksplorasi di suara-suara rendah.

Jika pertama melihatnya, memang RG90BKP ini layaknya gitar elektrik pada umumnya. Namun, saat menjajalnya, kamu akan merasakan banyak  hal baru yang berbeda. Seperti pada ukuran lebar neck, head stock, bridge serta bentuk bodi yang berukuran lebih besar dari bentuk standar.

Secara kontruksi, RG90BKP masih tergolong mengadopsi rangka sasis RG series. Tapi ukurannya terlihat agak lebih besar dan lebar. Begitu juga ukuran neck untuk mewadahi sembilan senar yang terbentang di atasnya. Nada tuning senar yang diterapkan adalah 1=E, 2=B, 3=G, 4=D, 5=A, 6=E, 7=B, 8=F#, dan 9=C#. Sementara ukuran ketebalan senarnya adalah .009, .011, .016, .024, .032, .042, .054, .075 dan .090 (mm). Tapi tetap mengacu pada tuning standar (440) dan berdasarkan teori tangga nada cycle of fifth atau putaran tangga nada ke lima. Tuning ini menghasilkan setingan sound berkarater heavy yang sangat modern. Terutama pada senar 6,7,8, dan 9. Seperti memainkan dua instrumen sekaligus, yakni bass dan gitar.

Di bagian neck, gitar berskala 28 inchi (71.12 cm) ini mengandalkan material kayu lima lapis wizard-9 maple/wenge yang dipapas flat dan ramping. Jadi memudahkan jari untuk menggapai posisi senar paling atas. Lalu untuk fretboard, digunakan material kayu rosewood yang dilengkapi 24 besi baja berukuran jumbo, yang menghasilkan playability nyaman di genggaman tangan.

Pembagian cantolan senar di head stock, RG90BKP menggunakan sistem 4 on 5, empat senar di atas dan 5 senar di bawah, dengan pemutar (tuning machine) jenis Gotoh machine heads 9 senar. Untuk menyanggah senar di bodi, digunakan bridge jenis Gibraltar standard-9. Paduan kedua perangkat tadi benar-benar mengikat senar dengat kuat dan stabil.

Pada bagian bodi, gitar berdesain cutaway ganda ini menggunakan material kayu jenis basswood yang dilapisi finishing warna hitam mengkilap. Tetap tampil modern dan elegan. Pada desain bagian sisi kanan atas, bodi memiliki sudut berlekuk untuk memudahkan lengan kanan leluasa bergerak saat picking. Sementara cekungan cutaway memberi ciri dari RG series yakni lekukan yang tajam berongga lebar. Sehingga memudahkan jemari saat menggapai fret di posisi paling ujung.


Untuk menyatukan antara bodi dan neck, RG90 menerapkan kontruksi bolt on menggunakan empat baut pada bagian belakang yang membuat ikatannya kuat dalam jangka waktu yang lama.

Eksplorasi suara menjadi semakin ‘nendang’ dengan penyematan pickup pasif humbucker ganda tipe bare knuckle canine di posisi neck dan bridge. Pengaturan karakter pickup-nya sendiri bisa dikendalikan melalui saklar switch 5 arah serta dua knob pengatur (volume/tone).   

Dan untuk  harga  gitar Ibanez RG90BKP 9 String ini di di bandrol Rp 49,493,30000. woow fantastik.
SPEC
neck typeWizard-9 5pc Maple/Wenge neck
bodyBasswood body
fretboardRosewood fretboard w/Mother of Pearl dot inlay
fretJumbo frets w/Prestige fret edge treatment
bridgeGibraltar Standard II-9 bridge
neck pickupBare Knuckle Canine (H) neck pickup (Passive/Ceramic)
bridge pickupBare Knuckle Canine (H) bridge pickup (Passive/Ceramic)
factory tuning1E, 2B, 3G, 4D, 5A, 6E, 7B, 8F#, 9C#
hardware colorCosmo black
case/bagHardshell case included

NECK DIMENSIONS


Scale712mm/28"
a : Width at Nut62mm
b : Width at Last Fret88mm
c : Thickness at 1st21.5mm
d : Thickness at 12th23.5mm
Radius1000mmR

OTHERS

  • Gotoh® machineheads for 9 string
  • String Gauge: .009/.011/.016/.024/.032/.042/.054/.075/.090

SWITCHING SYSTEM

CONTROLS


Lebih baru Lebih lama