Pick Up gitar mati atau rusak entah itu pick up jenis humbucker atau single coil memang kerap dialami oleh pengguna gitar elektrik. Dan pick up atau ada yang menyebut Spool ini merupakan komponen terpenting di gitar elektrik, tanpa kompo0nen ini gitar elektrik tidak akan bhersuara.


 Sebenarnya untuk memperbaiki Pick Up gitar yang rusak  tidak terlalu sulit,  kamu juga tidak harus hebat dalam bidang eletronika, berikut zonagitar.net  berikan sedikit tutorial mengatasi Pickup Gitar Rusak atau mati.


Apa saja bahan yang perlu anda persiapkan??

 1. Kumparan atau gulungan


    Ada bayak kumparan atau gulungan yang di jual di toko-toko eletronik jadi cukup mudah untuk kita dapatkan, Tapi sebaiknya gunakan gulungan yang berukuran kecil, semakin kecil semakin bagus,
    

2. Plaster/Lakban
3. Solder dan Timah
4 . Timbangan

Jika seluruh bahan dan alat yang diperlukan telah anda persiapkan selanjutnya kita langsung ke proses perakitan.

  1,  Silahkan bongkar guitar anda.
    Buka pelindung yang ada di belakang Body .Pastikan terlabih dahulu, Pastikan apakah Pick Up anda benar-benar telah rusak, anda bisa menggunakan Avometer untuk mengetahuinya 

Caranya Hubungkan kedua ujung kebal yang ada pada Pick Up ke Avometer jika tidak terjadi pergerakan pada jarumnya, berarti Pickup anda benar-benar telah rusak, Tapi jika sebaliknya sebaiknya jangan melanjutkannya ke tahap selanjutnya.
    Untuk berjaga-jaga sebaiknya anda ambil terlebih dahulu gambar nya, karena jangan sampai, anda lupa hubungan kabel dengan komponen yang lain.



2. Bongkar Pick Up lepaskan keseluruhan dari kumparan yang ada.
    Ganti menggunakan Pick Up yang baru dengan cara menggulungnya dengan manual, jangan menggulung dengan terburu-buru, karena jika terputus di tengah jalan, maka dengan terpaksa anda harus mengulangnya dari awal lagi, jadi sebaiknya anda melakukannya dengan perlahan 


3. Gulung hingga penuh dan padat, semakin padat semakin bagus sound yang di dapatkan nantinya.
    Jika anda menggunakan Pickup Hambucker sebaiknya saat melakukan proses penggulungan, Usahakan dari kedua Pickup yang menempel mempunyai Berat yang sama, anda bisa menggunakan timbangan untuk mengukurnya.
    

4. setelah Proses penggulungan telah dilakukan, saatnya kita menghubungkan kedua sisi pickup dengan cara mennyambungkan ujung Pick Up pickup pertama  dengan Ujung  Pickup Kedua dengan menggunakan Solder.
   

5. Ambil Lakban, Kemudian balut sisi  pickup gunanya untuk melindungi Pick Up yang telah di lilit tadi,
   

6 Pasang kembali pickup pada body guitar.

Semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama