Zonagitar.Net. Sebuah Gitar milik  gitaris ternama, Bob Dylan, terjual hampir 800 kali lebih mahal dari harga belinya. Ya, gitar Rolling Thunder Revue yang sempat digunakannya pada Concert for Bangladesh terjual seharga USD396.000 atau sekira Rp5,36 miliar.

Gitar akustik bertipe 1963 Martin D-28 itu dibeli oleh seorang yang tidak ingin diungkap identitasnya dari Heritage Auctions. Harga yang ia pasang rupanya di atas banderol lelang sebesar USD100.000 (Rp1,35 miliar). Menariknya, harga lelang tersebut 792 kali lebih mahal dibandingkan saat pertama Dylan membeli gitar tersebut.

Sebelum berakhir di meja lelang, Rolling Thunder Revue itu dibeli Larry Cragg, tukang servis pribadi Dylan seharga USD500 (sekira Rp6,7 juta). Bahkan, struk pembelian gitar dari Dylan itu masih tercantum di gitar tersebut.

Dylan diketahui memainkan Rolling Thunder Revue di Concert for Bangladesh di New York, Amerika Serikat, pada 1977. Di tahun yang sama, ia menjual Rolling Thunder Revue kepada Cragg dan bermain hanya dengan gitar Gibson

Ada rahasia kenapa harga lelang gitar itu cukup mahal. Cragg diketahui menyimpan gitar itu dengan sangat baik. Menurut Heritage Auctions, Cragg menyimpan gitar Rolling Thunder Revue itu di tempat dengan tingkat kelembapan yang diatur.

“Selain itu, senarnya pun dikendurkan selama 40 tahun dan tidak pernah digunakan sejak dimainkan Bob Dylan pada 1977,” ungkap Heritage Auctions dalam keterangannya kepada Rolling Stone.
Kendati demikian, ini bukan gitar pertama Dylan yang laku dengan harga mahal. Salah satu rekor harga gitar Dylan adalah Fender Stratocaster yang dimainkannya di Newport Folk Festival pada 1965. Gitar itu laku dengan harga USD965.000 atau setara dengan Rp13 miliar pada 2013.
Lebih baru Lebih lama