Takmau Senar Bass Dan Gitar Berkarat, Begini Cara Mengatasinya
Menjaga senar Gitar Bass agar tetap bersih dari karat dan kotoran merupakan kewajiban bagi gitaris maupun bassist, karena hal ini sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Diperlukan perawatan atau perlakuan khusus pada senar gitar dan bass kesayanganmu agar terhindar dari korosi atau karat yang akan berpengaruh terhadap umur senar dan kenyamanan kamu saat bermain.

Berikut zonagitar.net kasih tips cara merawat senar gitar dan bass agar terhindar dari karat.

  1. Selalu membiasakan untuk mengelap senar dengan kain kering setelah bass atau gitar dimainkan. Keringat yang menempel pada senar akan membuat korosi atau karatan pada senar.
  2. Bersihkan senar dengan menggunakan cairan pembersih khusus senar yang bisa dibeli di toko alat musik. Lakukan selama seminggu sekali. Jika tak bisa membeli cairan pembersih senar khusus kamu bisa menggunakan minyak Singer/minyak mesin jahit. bersihkan senar satu-persatu menggunakan kain yang sudah di tuangkan minyak mesin.
  3. Sebulan sekali rebuslah senar selama 5-10 menit dengan air mendidih.
  4. Simpan bass di tempat yang kering dan tidak lembab, hindari meletakkan di pojok ruangan karena biasanya daerah tersebut lebih lembab daripada daerah lain.
  5. Jika kira-kira gitar atau bass akan lama tidak dimainkan (misalkan kamu liburan ke luar pulau), kedorkanlah senar kira-kira 2 sampai 4 putaran, hal ini untuk menghindari bengkoknya neck bass atau gitar karena adanya tarikan dari senar.
     
Jika tips di aatas kamu lakukansecara rutin niscaya senar gitar atau bass kesayanganmu bebas dari karat atau korosi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama