TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Memilih Ukuran Ukulele yang Tepat untuk Pemula

Jenis Gitar Ukulele Berdasarkan Ukuran – Gitar Ukulele adalah  salah satu jenis alat musik petik yang beraasal dari hawai dan ditemukan pada tahun 1879. Ukulele dalam bahasa Hawaii berarti kutu loncat. Di Indonesia, dahulu ukulele Sering di gunakan untuk mengisi  musik keroncong di Kampung Toegoe, Jakarta Utara. Maka dari siitulah, ukulele kerap identik dengan musik keroncong.
ukuran  Ukulele


Mengenal Jenis – Jenis Ukulele

Sekilas Ukulele memiliki bentuk yang mirip dengan gitar. Hanya saja perbedaan terletak pada ukuran fisik serta jumlah senar yang digunakan. Umumnya ukulele memiliki 4 senar, namun pada kenyataannya juga terdapat ukulele dengan 6 senar dan 3 senar. Ukulele dengan kualitas terbaik dibuat menggunakan jenis kayu seperti mahoni, koa, rosewood dan cemara. Produsen pembuat ukulele ternama antara lain, Kamaka, Pono, Lanikal, Mahalo, Kala, Luna dan Kaniela. Harga dari ukulele sangat bervariatif. Hal ini tentu saja berdasarkan dari jenis ukulele, material ukulele hingga nada yang dihasilkan. 

Berikut ini adalah jenis ukulele yang dibedakan dari ukurannya.

  • 1. Ukulele Soprano

Soprano merupakan jenis gitar ukulele dengan ukuran terkecil yaitu 33cm. Alat musik ini memiliki tunning standart yaitu G-C-E-A. Jenis ukulele ini sangat cocok digunakan oleh pemula. Selain itu bentuknya yang fleksibel memudahkan untuk dibawa bepergian kemanapun.
  • 2. Ukulele Concert
Concert merupakan jenis ukulele yang memiliki ukuran panjang sebesar 38cm. Selain itu memiliki tuning tala G-C-E-A. Ukulele jenis ini begitu diminati, karena ukurannya yang dinilai ideal untuk dimainkan. Sehingga bagi Anda seorang pemula sangat cocok menjatuhkan pilihan pada ukulele jenis ini.
  • 3. Ukulele Tenor
Jenis ukulele Tenor merupakan salah satu dari 4 jenis ukulele yang paling sering dimainkan secara solo. Hasil nada yang dikeluarkan oleh ukulele tenor jauh lebih tebal dari concert dan soprano. Ukulele ini berukuran sekitar 43cm, sehingga jarak antar fred dan lebar fredboard jauh lebih besar sehingga memudahkan untuk dimainkan. Tenor juga merupakan jenis ukulele yang sering digunakan oleh pemain ukulele profesional. Selain itu nada yang mampu dihasilkan oleh ukulele Tenor lebih enak dari pada ukkulele concert dan  soprano.
  • 4. Ukulele Bariton
Ukulele bariton merupakan ukulele yang memiliki ukuran paling besar yaitu 48cm. Suara yang dihasilkan oleh ukulele bariton hampir sama dengan gitar akustik. Jumlah senar ukulele barito yaitu 6 senar. Meskipun hampir sama dengan jumlah senar gitar yaitu 6 senara, namun pada ukulele bariton hanya mampu digunakan 4 senar saja. sama dengan ukulele jenis lainnya. Hanya pada senar 1 hingga senar 4 saja. untuk senar 5 dan senar 6 tidak digunakan.

Dalam memilih ukulele yang akan Anda gunakan sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti jenis dari ukulele. Selain itu Anda juga harus memperhatikan material yang digunakan, mulai jenis kayu hingga senar. Untuk menghindari ukulele Grad A, sebaiknya Anda memahami produsen-produsen ukelele seperti yang sudah disebutkan diatas. Setiap jenis ukulele akan menghasilkan nada yang berbeda-beda. Tentunya hal ini disebabkan oleh ukuran dari ukulele-ukulele tersebut.

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai jenis – jenis ukulele yang ada hingga saat ini. 

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.