Mengenal Istilah Truss Rod, Doble Run, dan Full Solid Pada Gitar

Truss Rod gitar

Truss rod adalah besi yang ditanam  di dalam setang gitar atau neck gitar, karena secara fisik tidak terlihat dan memang tertanam di tengah-tengah setang gitar. 
fungsi truss road adalah sebagai alat penyetem kelengkungan setang gitar. 

Dari sini pastinya dapat kita simpulkan, jika Anda membeli gitar dan meneliti ternyata setangnya melengkung atau cembung kamu bisa meluruskan kembali stang gitar atau neck gitamu dengan cara memutar baud truss road anda. Biasanya terdapat di headstock gitar atau kepala stang gitar dan di body bagian dalam gitar.




Macam-macam truss rod pada gitar

Untuk gitar elektrik pada umumnya memiliki truss rod pada neck gitarnya, sedangkan untuk gitar akustik hanya ada beberapa saja tergantung model atau merk-nya.

Gitar akustik yang memiliki truss rod relatif lebih mahal dari pada gitar biasa yang tidak memiliki truss rod.

Ada berbagai macam truss rod yang beredar dipasaran, untuk itu saya akan memberitahukan beberapa macam truss rod yang ada antara lain:

  1. Single truss rod
  2. Non-adjustable truss rod
  3. Dual action truss rod
  4. Double truss rod, dan lainnya.

  • 2. Double Run.
Double run pada gitar adalah merupakan kayu 2 lapis yang lebih tebal serta kuat dalam membuat body gitar akustik sehingga Suara yang dihasilkan pun lebih tebal karena tingkat kerapatan lebih bagus. Berbeda dengan single Run yang memakai hanya 1 lapis kayu pada body gitar. Biasanya gitar tang memakai singlebrunnialahbgitar sayur atau gitar pemula dengan harga dibawah 500 ribu.

  • 3. Full solid.
Full solid pada gitar adalah body gitar akustik yang semuanya mulai dari top body back dan samping terbuat dari kayu solid bukan dari triplek. Gitar dengan jenis full solid memiliki karakter suara yang bagus dan berkarakter, serta body yang kokoh dan juga berat. biasanya gitar gitar pabrikan seperti Yamaha Ibanez Takamine Martin memakai jenis body full solid pada seri premiumnya. 
gitar full solid



0 Komentar

Ada Pertanyaan?