TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Review Amplifier Gitar Blackstar Core 20

Review Amplifier Gitar Blackstar Core 20

Amplifier gitar Blackstar Core 20 adalah ampli gitar yang tergolong ke dalam kelas menengah dan cocok untuk digunakan oleh pemula maupun gitaris berpengalaman. Ini memiliki 20 watt daya dan dilengkapi dengan speaker 8 inci yang dapat memberikan suara yang kuat dan jernih.

Ampli ini juga dilengkapi dengan efek chorus, delay, dan reverb yang dapat Anda gunakan untuk menambah variasi suara. Selain itu, ampli ini juga memiliki fitur tone shaping yang memungkinkan Anda menyesuaikan tonalitas suara sesuai dengan keinginan.

Banyak pemain gitar yang menyukai Blackstar Core 20 karena mudah digunakan dan memiliki performa suara yang baik untuk kelas harganya. Namun, beberapa pemain gitar juga mengeluhkan bahwa ampli ini kurang cocok untuk digunakan pada volume yang tinggi karena suaranya tidak terlalu kuat.

Secara keseluruhan, Blackstar Core 20 merupakan pilihan yang baik bagi Anda yang mencari ampli gitar dengan harga terjangkau yang dapat memberikan performa suara yang baik. Namun, jika Anda ingin menggunakan ampli ini pada volume yang tinggi, mungkin lebih baik jika Anda mempertimbangkan opsi lain yang mungkin lebih cocok untuk kebutuhan tersebut.


Ukuran

Secara fisik, ID:Core 20 sangat kecil, tingginya kurang dari satu kaki dan lebarnya kurang dari 15 inci, beratnya hanya 11 pon, tetapi dengan konfigurasi speaker unik yang memberikan suara yang sangat besar. 


Kontrol

Kontrol, bekerja dari kiri ke kanan termasuk pemilih suara, penguatan, volume, ISF (EQ) dan efek (keduanya tombol pemilih dan kontrol level) dan tombol mode yang memungkinkan Anda beralih antara mode manual dan prasetel. Ada enam suara yang meliputi clean, bright clean, crunch, super crunch, dan overdrive 1 & 2. 


Penguatan/Volume/ISF

Penguatan secara mengejutkan penuh pada volume yang dapat diatur dan meningkat secara alami dengan volume, tanpa terlalu kuat. Pada sebagian besar ampli solid state, gain akhirnya dinaikkan sepenuhnya untuk permainan timbal, tetapi Anda dapat dengan nyaman menggunakan pengaturan 6 atau 7 pada ampli Blackstar dan mendapatkan saturasi yang mengesankan. Anda juga akan melihat perubahan saturasi saat Anda menyesuaikan kontrol ISF, sirkuit kontrol yang dipatenkan Blackstar yang memungkinkan Anda meniru nada ampli tabung Inggris dan Amerika. ISF adalah singkatan dari Infinite Shape Feature dan ketika diputar ke arah 0, ia memberikan karakteristik nada perkusi yang rapat, fokus, dan perkusi dari ampli tabung Amerika. Saat diputar ke arah 10, responsnya menjadi renyah dan hangat, seperti ampli khas Inggris.


Mode

Dalam mode manual, Anda menambahkan semua pengaturan penguatan, EQ, dan efek yang Anda inginkan -- Anda memegang kendali penuh seperti solid state amp lainnya. Namun, dalam mode preset, semuanya sedikit berbeda.

Mode Preset hadir dengan 6 patch default yang telah disimpan sebelumnya, satu di setiap pengaturan suara. Ini adalah Clean Funk, Chiming US Clean, Vintage Crunch, Hot Rodded Drive, US Overdrive, dan Timbal Jenuh. Blackstar menyebut mereka 'suara yang disempurnakan' karena mereka hadir dengan efek dan pengaturan penguatan dan benar-benar siap digunakan pada pergantian panggilan suara. 

Blackstar telah mengatur mode manual sehingga sangat mudah untuk mendapatkan suara yang Anda inginkan. Dalam panduan penyiapan, Anda akan menemukan petunjuk yang sangat mudah digunakan untuk membantu Anda mulai menemukan nada yang sempurna: Langkah pertama, pilih setelan suara Anda; Langkah kedua, pilih suara Anda (pengaturan volume, gain, dan EQ) dan langkah 3, terapkan efek. 


Efeknya

Bagian efek dari kontrol adalah yang paling sulit untuk dikuasai. Dalam mode prasetel, efek sudah disimpan ke setiap tambalan; dalam mode manual mereka diatur pada satu dial dalam 4 bagian, yang mirip dengan cara Vox dan Marshall, antara lain, menangani efek pada kombo pemodelan mereka. Perbedaannya adalah efek tidak diberi label pada amp itu sendiri dan ini karena dapat diperbarui dan diubah.


Efek default pabrik berjalan sebagai berikut:

Mod:   Phaser, Chorus/Flanger, Envelope, Tremolo

Penundaan: Linear, Analog, Pita, Multi

Reverb: Kamar, Aula, Musim Semi, Piring

Efeknya memiliki kenop kontrol level dan tombol tempo TAP untuk efek penundaan, memberi Anda keserbagunaan dalam cara efek diterapkan ke suara Anda. Dalam mode manual, setiap jenis efek dapat ditambahkan secara terpisah dan dicampur bersama, menciptakan model amp dan efek otentik seperti preset. Namun, pengaturan kontrol kenop tunggal membuat sulit untuk menyempurnakan efek digital. Penyesuaian efek paling baik dilakukan dalam perangkat lunak Blackstar Insider yang disertakan dengan amp (sebenarnya diunduh dari situs web Blackstar - foto di atas adalah tangkapan layar dari tampilannya). Kita akan membahas lebih lanjut tentang itu di sini sebentar lagi...


Penyetem

Untuk melibatkan tuner, cukup tahan tombol efek Reverb. Tombol Mod, DLY, dan Rev yang menyala kemudian menjadi indikator nada, dengan DLY di tengah menunjukkan kapan gitar Anda disetel ke nada standar. Cuplikan layar tentang bagaimana tuner ditampilkan di komputer Anda saat Anda terhubung:

MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK BLACKSTAR INSIDER

Tangkapan layar Perangkat Lunak Blackstar



Seperti yang saya tulis di awal, saya bukan penggemar berat mengunduh preset dari komputer saya ke amp saya, tetapi perangkat lunak Blackstar bekerja sedikit berbeda dalam bentuk 'tambalan' preset yang dapat Anda simpan ke amp Anda dan ingat di mode prasetel. Untuk melakukan ini, Anda mencolokkan amp Anda ke komputer menggunakan mini USB standar ke kabel USB penuh (tidak disediakan, tetapi kebanyakan dari kita memilikinya) dan membuka perangkat lunak Blackstar Insider. Tangkapan layar di atas menunjukkan apa yang akan Anda lihat: kontrol amp dengan efek di bawah. 

Jika Anda sedang mencari cara yang lebih tepat untuk mengontrol pengaturan efek Anda, di sinilah Anda akan melakukannya. Saat Anda membuat tambalan, Anda mengatur semua pengaturan amp dan efek persis seperti yang Anda inginkan, lalu menyimpan tambalan ke amp Anda. Penting untuk menyimpan tambalan ke perpustakaan Anda atau jika lain kali Anda memperbarui firmware atau memuat tambalan baru, Anda bisa kehilangan yang lama.

Tentu saja, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika Anda tidak menyukai tambalan yang Anda buat dan ingin memulai kembali. Amp dapat dengan mudah diatur ulang ke tambalan defaultnya hanya dengan mematikan amp lalu menyalakannya kembali sambil menahan tombol efek Anda.

Saya dapat membuat suara phaser yang terinspirasi oleh EVH yang mematikan, nada utama Surfing With the Alien Inspired yang hebat, nada bersih yang sangat mirip dengan Fade to Black dari Metallica dalam hitungan menit, dan kontrol di layar sangat mirip dengan kontrol di amp, membuatnya sangat mudah digunakan.

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, membuat suara Anda sangat mudah dengan sistem perangkat lunak ini, tetapi yang paling penting bagi saya adalah Anda benar-benar tidak perlu menyambungkan ID:Core ini ke komputer sama sekali untuk mendapatkan suara yang bagus. ID:Core 20 hadir dengan 6 preset bagus bawaan, serta mode manual berfitur lengkap yang memungkinkan Anda membuat nada sendiri dengan kontrol yang mudah digunakan tepat di amp. Jika Anda menginginkan preset baru, Anda dapat dengan mudah membuatnya menggunakan perangkat lunak Blackstar Insider atau Anda bahkan dapat mengunduh preset atau 'tambalan' yang dibagikan oleh pemain lain yang telah memainkan seri ID:Core lebih lama. 

Blackstar ID:Core 20 adalah kombo pemodelan ke-5 yang pernah saya mainkan dan tentu saja merupakan suara terbaik di bawah 50 watt. Fitur lain yang sangat penting yang belum saya sebutkan adalah colokan telepon yang ditiru speaker. Sebagai ampli latihan, ID:Core dengan emulated phones-out memberikan nada emulasi speaker terbaik yang pernah saya alami dari ampli latihan. Fitur ini saja membuat amp ini sepadan dengan harganya dan juga membuatnya sempurna untuk perekaman line-in. 

Satu-satunya kelemahan adalah ukurannya. Faktanya adalah Anda akan sangat menyukai nadanya sehingga Anda ingin membuatnya lebih keras. Tentu saja, line out yang ditiru juga memungkinkan Anda untuk menyambungkan Blackstar ini ke line-in Aux pada amp yang lebih besar, memungkinkan Anda menggunakannya sebagai preamp. Dengan cara ini Anda dapat mengakses preset Anda sambil mendapatkan suara yang sangat besar yang Anda perlukan untuk kinerja penuh. Tetapi jika Anda sangat menyukai nadanya, Anda juga dapat meningkatkan ke versi 40 atau 100 watt.


LEBIH DARI AMP PERTAMA

Jangan biarkan ID:Ukuran kecil Core 20 membodohi Anda -- Core 20 menawarkan pengalaman amp yang kaya fitur dalam ukuran dan rentang harga yang ideal untuk berbagai pembeli. Tentu saja, musisi pelajar akan menyukai ampli ini karena ampli ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk segera mulai membuat musik yang terdengar bagus. Di luar itu, ID:Core amp dari Blackstar memiliki jack telepon yang diemulasi speaker yang sangat baik, MP3 AUX line-in dan kontrol yang mudah digunakan yang memberikan kendali atas suara Anda langsung ke tangan Anda.

Pemain berpengalaman dan pro akan menyukai cara mereka dapat terhubung dan langsung mendapatkan nada latihan yang dapat digunakan dengan sedikit penyesuaian. Di belakang panggung, di antara pertunjukan, atau di rumah, para profesional dapat menggunakan Blackstar berfitur lengkap ini untuk melakukan pemanasan, berlatih, atau mengembangkan ide-ide baru. Line-in MP3 memungkinkan Anda untuk berlatih dengan backing track, sedangkan line out speaker yang ditiru memungkinkan Anda merekam ide-ide baru dengan mudah.


Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.