Teknik picking dalam belajar melody gitar merupakan teknik dasar dalam permainan melody gitar dan modal utama seorang lead guitaris, karena teknik ini adalah teknik bagaimana kita memetik senar gitar (satu ). teknik ini akan sangat mempengaruhi kebersihan dan kecepatan anda dalam bermain melodi gitar.

Sering kali gitaris pemula menggunakan ibu jari "jempol" dalam bermain melodi. Hal ini adalah tidak tepat cenderung ke salah, karena kita akan kesulitan jika tempo melodi yang di ulik atau di mainkan cepat. 

Perlu anda ketahui!!!


 Picking merupakan salah satu teknik memetik gitar di samping teknik lain seperti strumming. Sebenarnya strumming dan picking hampir sama, hanya yang membedakannya, strumming lebih memetik secara keseluruhan atau beberapa senar sekaligus sedangkan picking cenderung memetik satu senar. Kalau bicara picking, setidaknya ada beberapa teknik picking yang digunakan yaitu downstroke, upstroke, alternate picking, sweepicking dan tremolo picking.

  1.  Downstroke, biasanya di tabulature gitar sering di lambangkan dengan (v), yaitu teknik memetik senar dari arah atas ke bawah. Untuk memudahkan mengingatnya,“down”berarti turun atau ke bawah.
  2. Upstroke, biasanya di tabulature gitar sering dilambangkan dengan (^), yaitu teknik memetik senar dari arah bawah ke atas. Untuk memudahkan mengingatnya, “up” berarti naik atau ke atas.
  3. Alternate Picking adalah gabungan dari Downstroke-Upstroke atau sebaliknya.
  4. Sweepicking adalah teknik  “menyapu” senar bersamaan dengan memetik senarnya sesuai dengan kosa katanya sweep yang berarti menyapu dan picking yang berarti memetik. Sweepicking bisa dimainkan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Biasanya untuk memainkan arpeggio.
  5. Tremolo picking memetik satu nada secara berulang dengan cepat, biasanya menggunakan downstroke-upstroke atau sebalikn
Lebih baru Lebih lama