TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

7 Gambar Chord Gitar Bass A B C D E F G Lengkap





Zonagitar.net,- Chord atau Kunci dasar dalam belajar Gitar bass untuk music jazz, rock, pop reage, Dangdut dan lain lain sebenarnya tidak jauh berbeda dan cenderung sama dengan belajar Guitar Chord akustik Dan Elektrik, karna nada dasar hanya terdiri dari tujuh nada dasar music yaitu Do-re-mi-fa-so-la-si. Jika pada Chord gitar yaitu A-B-C-D-E-F-G. namun tak sedikit guitarist atau bassist yang masih bingung dalam belajar kunci chord gitar bass, banyak di antara mereka yang hanya menghafalkan bentuk tangan dari kunci gitar atau Bass yang tertera pada gambar kunci Chord gitar yang mereka temukan di buku dandi internet.


Sebelum mempelajari Chord gitar bass lebih dalam sebaiknya 

Baca Juga:

6 Teknik Dasar Gitar Bass Yang Harus Dikuasai Pemula


Namun ini sebenarnya salah kaprah secara garis besar gitar adalah alat musik dan musik adalah nada, jadi seharusnya orang yang sudah bisa memainkan gitar itu sudah tau apa itu nada atau notasi.


Chord Gitar bass merupakan hal penting dalam permainan seorang Bassist. Bass Guitar sendiri adalah salah satu alat musik yang sangat populer yang mampu menghasilkan variasi suara yang menarik dan juga sangat dibutuhkan dalam bermusik. Bahkan sebuah lagu bisamenjadi kurang enak didengar jika tidak ada Gitar bass. makanya permainan kunci bass sangat penting sebagai pengiring dan pemandu dalam sebuah permainan musik terutama musik dangdut.


Gitar bass sangat berperan penting untuk memainkan ritme sebuah aransmen music dari sebuah lagu. Kunci bass juga dapat digunakan untuk memadukan suara antara bunyi drum dan alat musik lain. Permainan bass yang dinamis pun akan menciptakan suatu irama, sebab kunci bass dan permainan gitar bass menjadi patokan utama dalam sebuah karya musik.


Chords Kunci bass tak jauh berbeda dari gitar. Namun, bunyi yang dihasilkan kunci gitar dan kunci bass bisa jadi berbeda. Akan tetapi, tidak semua orang yang bisa bermain gitar mampu memainkan gitar bass. Namun kalau kalian sudah bisa memainkan gitar biasa akan lebih mudah mempelajari bass. Sebab, secara umum bass memiliki empat senar dengan open string E-A-D-G. Tetapi ada juga bass yang memiliki lima atau enam senar.


Nah, buat kalian yang penasaran untuk mulai memainkan bass, kalian bisa memulai tahap dasar belajar kunci bass. Jika kalian adalah pemula, mempelajari kunci bass dasar bisa dilakukan secara otodidak, kok. Pelajaran kunci bass dasar juga sangat penting karena dapat menentukan permainan bass kalian selanjutnya.


Kunci Bass Dasar

Para pemain bass dalam sebuah band misalnya, rata-rata selalu menggunakan bass yang mempunyai 4 senar. Kalian tidak perlu repot-repot untuk mengenal kunci bass karena permainan bass biasanya hanya perlu menekan satu kolom dan satu senar, dengan cara mengikuti ketukan irama dari alat musik drum. Biar lebih jelas, coba lihat dasar-dasar kunci bass berikut ini.


letak Chord Gitar bass



KETERANGAN


senar 1. fret 0-12: G, G#, A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G,
senar 2. fret 0-12: D, D#, E, F, F#, G, G#, A, A#, B, C, C#, D,
senar 3. fret 0-12: A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#, A,
senar 4. fret 0-12: E, F, F#, G, G#, A, A#, B, C, C#, D, D#, E.


Gambar di atas menunjukan dasar-dasar kunci bass yang bisa kalian gunakan untuk belajar dan memainkan bass. Jikan kalian masih pemula yang belajar bass secara otodidak, kalian bisa mulai berlatih menggunakan dua senar, dengar cara: Kunci Bass F (ditekan F atas + C bawah), Kunci bass A# (ditekan A# atas+ F bawah) dan seterusnya. Itulah salah satu contoh cara belajar kunci bass bagi pemula.
Berikut contoh tujuh kunci dasar gitar bass yang harus di kuasai bagi pemula yang sedang belajar bermain gitar bass dengan menghapal bentuk kunci.


Chord Gitar Bass A

kunci bass A, kamu bisa menekan senar antara tiga titik tersebut. Kamu bisa memencet senar 4 fret 5, senar 2 fret 7, atau senar 1 fret 2. Begitu pula seterusnya pada kunci berikutnya.





- Chord Gitar Bass B



Pada kunci Cord bass B, tersedia empat pilihan kunci gitar bass yang bisa kamu coba. Mulai dari senar 4 fret 7, senar 3 fret 2, senar 2 fret 9, dan senar 1 fret 4.






- Chord Gitar Bass C


Chord Kunci gitar bass berikutnya adalah kunci C. Mirip dengan kunci B, pada kunci C kamu tinggal menggeser masing-masing pencetannya satu fret ke kanan.






Chord Gitar Bass D





Kunci bass E mayor bisa kamu melakukannya dengan memencet salah satu senar berikut ini:Senar 4, fret 10
Senar 3, fret 5
Senar 1, fret 7





- Chord Gitar Bass E



Pada kunci Bass E, kamu bisa memencet pada senar 3 fret 7, senar 2 fret 2, dan senar 1 fret 9. Latihlah kemampuanmu bermain bass dengan menguasai kunci gitar bass.












- Chord Gitar Bass F


Pada kunci F, kamu bisa menekan beberapa senar, seperti:Senar 4 fret 1
Senar 3 fret 8
Senar 2 fret 3
Senar 1 fret 10






Chord Gitar Bass G



Kunci gitar bass yang terakhir adalah kunci G, yaitu pada senar 4 fret 3, senar 3 fret 10, dan senar 2 fret 5.





Titik bulat berwarna hitam merupakan titik dimana jari menekan fret. Seperti contoh pada kunci A, tekan senar 4 pada fret ke-5 maka akan berbunyi nada kunci A. Pada gambar, terlihat garis senar yang ditebalkan. Ini artinya senar tersebut dibunyikan tanpa ada tekanan pada fret.

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.