7 Kunci Dasar Gitar Bass Wajib Untuk Pemula

Advertisement

Nada atau Kunci dasar dalam belajar guitar bass jazz, rock, pop reage, blues dan lain lain sebenarnya tidak jauh berbeda cenderung sama, karna nada dasar hanya terdiri dari tujuh nada yaitu Do-re-mi-fa-so-la-si.

Jika pada gitar yaitu A-B-C-D-E-F-G. namun tak sedikit gitaris atau bassis yang masih bingung dalam belajar kunci "chord" gitar ataupun bass, banyak di antara mereka yang hanya menghafalkan bentuk tangan dari kunci gitar yang tertera pada gambar kunci kord gitar yang mereka temukan di buku dandi internet.


Baca Juga: Cara Mudah Belajar Kunci Gitar Bass

 6 Teknik Dasar Bass Yang Harus Dikuasai Pemula


Namun ini sebenarnya salah kaprah secara garis besar gitar adalah alat musik dan musik adalah nada, jadi seharusnya orang yang sudah bisa memainkan gitar itu sudah tau nada bukan begitu!!!.

Berikut contoh tujuh kunci dasar gitar bass yang harus di kuasai bagi pemula yang sedang belajar bermain gitar bass dengan menghapal bentuk kunci.


- Kunci A

Gambar Kunci Gitar Bass Lengkap









- Kunci B

Gambar Kunci Gitar Bass Lengkap









- Kunci C

Gambar Kunci Gitar Bass Lengkap









- Kunci D
Gambar Kunci Gitar Bass Lengkap









- Kunci E











- Kunci F










- Kunci G









Catatan!!

Titik bulat berwarna hitam merupakan titik dimana jari menekan fret. Seperti contoh pada kunci A, tekan senar 4 pada fret ke-5 maka akan berbunyi nada kunci A. Pada gambar, terlihat garis senar yang ditebalkan. Ini artinya senar tersebut dibunyikan tanpa ada tekanan pada fret.
Advertisement