Istilah Power Chords memang jarang terdengar dan tak sepopuler istilah teknik gitar yang lainya seperti sweeping,speed picking,legato,arpeggio sweeping taping,dan lainlain,namun bagi gitaris yang sering memainkan musik rock pasti sudah familiar dengan istilah ini,seperti gitaris cantik indonesia yang terkenal akan teknik gitar power chordnya yaitu Prisa.

Menurut tim penelusuran redaksi zonagitar.com,dahulu teknik gitar power chord ini banyak di pakai oleh para gitaris musik blues,karena sejak kelahiran musik blues lah istilah ini muncul,dan kemudian di susul oleh para pemain musik Grunge yang mulai gemar menggunakan teknik ini sebagai warna musik mereka.

Pada dasarnya power cords adalah chord/kunci yang nada nya hanya terdiri dari 2 nada, yaitu nada "Root note"-nya atau susunan nada dasarnya (Do) dan (Sol). maka bisa di sebut chord atau kunci lima yang biasa ditulis dalam lirik lagu yaitu A5, B5, C5,D5,E5, dsb...Contoh liad gambar di bawah


Karakteristik  suara power chord sangat khas yaitu terkesan berat  dan sangat cocok dikombinasikan dengan efek distorsi tinggi seperti pada musik punk rock jaman sekarang yang rata rata memakai kunci lima.

Lebih baru Lebih lama