TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Tabel Rumus Tangga Nada Lengkap Mayor Dan C Minor

Tangga nada adalah susunan nada yang terdiri dari 7 nada dasar yang digunakan dalam musik. Ada dua jenis tangga nada yang umum digunakan, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Berikut ini adalah perbedaan antara tangga nada mayor dan minor:


Tangga nada Mayor

Tangga nada mayor adalah tangga nada yang terdiri dari nada dasar, nada mayor ketiga, nada mayor keenam, dan nada mayor keenam. Contohnya, dalam tangga nada C mayor, nada dasar adalah C, nada mayor ketiga adalah E, nada mayor keenam adalah A, dan nada mayor keenam adalah G. Tangga nada mayor biasanya digunakan untuk lagu-lagu yang lebih happy atau positif.


Tangga nada Minor

Tangga nada minor adalah tangga nada yang terdiri dari nada dasar, nada minor ketiga, nada mayor keenam, dan nada minor keenam. Contohnya, dalam tangga nada A minor, nada dasar adalah A, nada minor ketiga adalah C, nada mayor keenam adalah E, dan nada minor keenam adalah G. Tangga nada minor biasanya digunakan untuk lagu-lagu yang lebih sedih atau melankolis.

Apa yang di maksud dengan tangga nada Mayor dan Minor?

Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang mempunyai interval atau jarak nada 1-1-½-1-1-1-½. Sederhananya, tangga nada mayor terdiri atas do-re-mi-fa-sol-la-si-do. Sementara itu, tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang mempunyai jarak nada 1-½-1-1-½-1-1.

di dalam tangga nada terdapat tiga jenis tangga nada yang berbeda-beda. Antara lain, tangga nada diatonis, pentatonis, dan juga kromatis.

Fungsi Tangga Nada

tangga nada tersebut berfungsi sebagai instrumen yang bisa membuat lagu didengar harmonis dan inda.


Tangga nada Mayor dan Minor adalah sistem yang menggambarkan susunan nada dalam sebuah skala musik. Tangga nada Major dan Minor digunakan untuk menentukan nada yang akan digunakan dalam sebuah lagu atau komposisi musik.

Tangga nada Major adalah skala musik yang terdiri dari 7 nada, yaitu nada dasar, nada mayor kedua, nada minor ketiga, nada mayor keempat, nada mayor kelima, nada mayor keenam, dan nada minor ketujuh. Contoh tangga nada Major adalah skala C Major, yang terdiri dari nada C, D, E, F, G, A, dan B.

Tangga nada Minor adalah skala musik yang terdiri dari 7 nada, yaitu nada dasar, nada minor kedua, nada mayor ketiga, nada minor keempat, nada minor kelima, nada mayor keenam, dan nada minor ketujuh. Contoh tangga nada Minor adalah skala A Minor, yang terdiri dari nada A, B, C, D, E, F, dan G.

Tangga nada Major dan Minor digunakan dalam berbagai jenis musik, termasuk musik klasik, jazz, pop, dan lain-lain. Memahami tangga nada Major dan Minor akan membantu Anda dalam memahami struktur musik dan memainkan atau menyanyikan lagu dengan lebih baik

Berikut ini adalah daftar tabel rumus tangga nada mayor dalam kunci C, D, E, F, G, A, & B.  Dengan daftar tsb kalian dapat dengan mudah melihat derajat interval untuk mengidentifikasi masing-masing kord.

Sebagai awal kita akan mengharmonisasi tangga nada C Mayor dalam triad. Caranya dengan menyusun tiga nada menjadi sebuah grup, dan susunan tsb dibuat dengan cara melompat satu nada dari tangga nada mayornya.  Berikut ini susunan yang dihasilkan dari tangga nada C Mayor.



I           = C  E  G         = 1  3  5           = Mayor

II         = D  F  A         = 1 b3 5           = minor

III        = E  G  B         = 1 b3 5           = minor

IV        = F  A  C         = 1  3  5           = Mayor

V         = G  B  D        = 1  3  5           = Mayor

VI        = A  C  E         = 1 b3 5           = minor

VII      = B  D  F         = 1 b3 b5         = Diminished



Mari kita analisa masing masing grup tsb!  Untuk kord I nada yang dihasilkan berdasarkan tangga nada C mayor adalah C E G, dari situ bisa kita lihat derajat intervalnya yaitu 1, 3, 5.  Kemudian untuk kord II, dapat kita lihat derajat intervalnya dengan cara melihat tangga nada D mayor. 

Di situ tidak kita lihat nada F melainkan nada F#.  Nada F# mempunyai derajat interval 3 sedangkan yang kita cari derajat intervalnya adalah nada F.  Dari nada F# ke nada F harus kita turunkan setengah langkah oleh karena itu kita bisa identifikasi nada F dengan derajat interval b3 (flat 3). 

Jadi kord II dapat kita identifikasi dengan derajat interval 1, b3, 5.  Jika kita identifikasi keseluruhan kord tsb maka akan kita peroleh rumus interval dari masing-masing kord seperti yang ada di atas.


Setiap kord mempunyai formula sendiri.  Formula kord ditulis dengan menggunakan derajat interval.  Berikut ini adalah formula dari  kord triad dasar:

    Mayor = 1  3  5
    minor = 1 b3 5
    Diminished = 1 b3 b5


Jika kita perhatikan, yang membedakan antara kord mayor dan minor adalah pada interval 3 nya.  Pada kord minor, interval 3 diturunkan setengah langkah menjadi b3. Dalam tangga nada mayor kord minor dapat ditemukan pada kord II, III, dan VI, sedangkan kord mayor dapat kita temukan pada kord I, IV, dan V.  Pada kord diminished selain interval 3 yang diturunkan, interval 5 juga ikut diturunkan. 

Kord diminished bisa kita temukan pada kord VII.  Pada tangga nada C mayor kord VII berisikan nada B, D, F, dan jika kita perhatikan pada tangga nada B mayor tidak kita temukan nada D dan F melainkan nada D# dan nada F#. 

Dari situ bisa kita lihat selain interval 3 yang diturunkan setengah langkah ternyata interval 5 nya juga ikut diturunkan setengah langkah menjadi b5.  Hal itulah yang menyebabkan mengapa kord VII teridentifikasi menjadi kord diminished.

Dari harmoni yang kita susun tadi di atas maka kita memperoleh rumus susunan harmoni kord pada tangga nada mayor.



I          IImi          IIImi          IV          V          VImi          VII┬║



Karena tangga nada mayor mempunyai rumus jarak yang tetap maka rumus kord triad di atas berlaku untuk keseluruhan tangga nada mayor.  Berikut ini adalah daftar dari rumus kord triad dari keseluruhan tangga nada Mayor


Rukus tangga nada

Dengan mengetahui rumus harmoni mayor tersebut maka kita dapat dengan mudah memindahkah sebuah melodi atau perpindahan kord dari kunci (nada dasar) ke kunci yang lainnya.  Contoh misalnya sebuah lagu dalam kunci C mempunyai progresi kord sebagai berikut.

  C,  Am, Em, F, G.   Jika kita lihat pada rumus di atas maka perpindahan kord tsb dapat kita identifikasi sebagai berikut  I,  VImi,  IIImi, IV, dan V.  Jika vokal anda / penyanyi anda tidak bisa menjangkau nada-nada dalam kunci tersebut kita dapat merubah perpindahan kordnya ke kunci yang berbeda, seperti kunci G misalnya. 

Dari tabel di atas dapat kita peroleh perpindahan kord yang baru  yaitu G, Em, Bm, C, dan D.  Cobalah kalian mainkan lagu-lagu yang ada pada majalah G+ ini dengan menggunakan kunci / nada dasar yang berbeda sesuai dengan jangkauan vokal anda.  Memindah sebuah melodi atau progresi kord dari satu kunci ke kunci yang lainnya disebut transposing.  

Dengan menghafalkan progresi kord dengan menggunakan angka akan memudahkan kita dalam melakukan transposing

Berikut tabel tangga nada lengkap yang bisa kalian pelajari

Tabel tngga nada mayor minor

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.