Memasang atau mengganti "strings' senar gitar akustik mupun gitar elektrik "listrik" akibat putus memang pekerjaan yang harus di kuasai oleh semua gitaris.Seorang guitarist harus mampu dan mahir memasang mengganti dan menyetel ''tuning''  senar gitar, karna ini adalah pelajaran dasar gitaris.

Namun Banyak juga orang yang sudah bisa main gitar sudah paham kunci gitar tetapi mereka belum bisaa memasang atau mengganti senar gitar yang putus. nah kali ini ZonaGitar bakal ulas mengenai tutorial memasang atau mengganti senar gitar Akustik.

A.Siapkan alat-alat untuk mengganti senar gitar kamu seperti 
pemutar dryer, tang potong (tang pemotong kabel), tang (untuk menarik pasak-optional), lap dan guitar polish/cleaner / cairan untuk membersihkan body gitar,

B. Langkah Kerja
1. Kendurkan satu persatu ke-enam dengan cara putar dryer / tuning machine, lalu lepas senar yang masuk di lubang tuner.
2. Buka pasak yang ada di bridge atau jembatan senar. Bagian ini mungkin kamu kesulitan saat membuka pasak. Cobalah dengan cara mendorong dan menggoyang-goyangkan secara perlahan dari dalam body gitar atau kalau kamu punya tang, gunakan tang untuk mengeluarkan pasak. Hati-hati jangan sampai merusak pasak. Keluarkan senar dari sana.
3. Setelah ke-enam senar dikeluarkan. Ini saat yang baik untuk sekaligus membersihkan fingerboard  dan body gitar kamu. Fingerboard adalah tempat keringat dan kotoran dari tangan kamu tinggal. Kotoran dan keringat inilah yang dapat merusak fretboard dan fret. Lap gunakan kain yang halus (katun) dan gunakan minyak khusus untuk membersihkan kayu.
4. Setelah gitar kita ‘kinclong’ lagi. Mulai pasang senar gitar kamu. Cara yang disarankan adalah memasang gitar dengan pola (senar) 1, 6, 2, 5, 3, 4. Ini berguna untuk meratakan tarikan senar antara kanan dan kiri pada leher gitar.
5. Pasang senar dengan cara masukan ujung senar (yang ada string-ball-nya) ke dalam lubang pasak di bridge, sekaligus masukan pasak-nya. Kamu harus sambil sedikit menarik senar gitar kamu pada proses ini untuk memberikan sedikit tegangan pada pasak, sehingga pasak tidak jatuh.
6. Potong senar secukupnya menggunakan tang potong. Panjang senar yang disarankan adalah dari pasak ke tuner beri tambahan kurang lebih 10cm. Tapi untuk senar 5 dan 6, beri kelebihan senar kurang dari 10cm karena senar-senar tersebut lebih tebal.
7. Masukan ujung senar ke lubang di ujung tuner machine / dryer. Bengkokan senar 90 derajat kemudian putar tuner tuner machine. Jangan sampai salah, mengencangkan senar adalah dengan cara memutar dryer ke arah kanan. Lakukan hal ini sampai keenam senar terpasang semua.
8. Lalu tahap akhir adalah dengan tuning gitar kamu. Gunakan tuner sampai semua senar ada di nada yang benar. Standar tuning senar gitar adalah 1(e) 2(B) 3(G) 4(D) 5(A) 6(E). (Nda)

Untuk cara menyetel senar gitar silahkan sudah di bahas sebelumnya Cara Cepat Belajar Menyetem Atau Menyetel Senar Gitar  
Lebih baru Lebih lama