Menebak kunci "kord" gitar dari suatu lagu yang kita dengar memang kerap di lakukan guitaris saat mengulik atau mencari kunci gitar dari lagu mp3 yang ingin mereka mainkan atau aransmen ulang.

Cara ini biasanya sering di gunakan oleh gitaris yang sudah paham not atau nada dasar, karena pada teknik ini sangat dibutuhkan sekali kejelian dan kepekaan telinga akan suatu pola kord yang ter dengar untuk menetukan nada dasar atau kunci gitar yang di pakai di dalam lagu tersebut.

Tidak di pungkiri memang bahwa setiap lagu pasti memiliki pola-pola tertentu, Hal ini di karenakan setiap komposer dalam membuat lagu pasti memakai nada dasar agar nada dan nuansa dari lagu tersebut dapat di rasakan oleh penikmatnya.

Bagai mana cara menentukan nada dasar dari sebuah lagu?
 
Menentukan nada dasar dari sebuah lagu sebenarnya mudah, kita ambil contoh misal lagu Peterpan (Mimpi Yang Sempurna), Lagu tersebut terdiri dari kord Em-C-G-D. Jika di lihat dari pola kunci tersebut dapat di simpulkan bahwa lagu itu memakai nada dasar G=Do.

Kenapa?
karena jika di lihat dari kunci majornya yaitu C-G-D. dalam progresi G akan di temui nada C di urutan ke-4 dan D pada urutan ke-5.



Bila di jejerkan berdasarkan nada akan jadi seperti ini 

G-A-B-C-D-E-F
atau dengan aturan jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2 
dan kalau dalam chord menjadi
G-Am-Bm-C-D-Em-Fdim

Cara di atas adalah menebak chord dasar sebuah lagu. Cara di atas lebih mudah karena nanti kita cukup mengetahui beberapa chord saja karena dengan mengetahui nada dasarnya kita akan mudah menebak kemana chord berikutnya akan dimainkan.

Nah sekarang bagaimana sih cara kita mencari chord kalau kita sama sekali tidak paham dengan teori-teori di atas?

Berikut beberapa tips nya
  1. Dengarkan lagu itu berulang-ulang atau minimal 1 kali. Ini untuk memudahkan otak kita merespon nada-nada yang kita dengar. Usahakan untuk mendengarkan chordnya.
  2. Coba ikuti progresi/perpindahan chordnya dengan cara memainkan senar 5 dan senar 6 pada gitar. Ini membantu kita melihat alur chord dan nada dasarnya.
  3. Setelah alur itu tercipta mulailah dengan memainkan chord gitarnya secara utuh. Chord mayor minor tergantung dari alur serta nada dasar yang kita temukan.
Lebih baru Lebih lama