Di dunia ini mungkin ada ratusan bahkan ribuan merek Guitar String "senar gitar" Baik senar gitar akustik, elektrik, maupun nylon yang beredar di pasaran. namun setiap gitaris pasti punya merek senar gitar  yang menjadi andalanya.

Dalam dunia gitar khususnya gitaris Fingerpicking atau fingerstyle biasanya mereka cenderung lebih memilih untuk memakai guitar akustik ketimbang gitar elaktrik "listrik", karena suara yang di hasilkan lebih klasik dan merdu .


Apa itu Fingerpicking atau Fingerstyle?
Fingerpicking adalah  adalah gaya bermain gitar yang berfokus pada pola bermain dengan jari, Ibu jari memainkan string bass, dan jari lainnya (biasanya jari telunjuk , jari telunjuk dan manis)  memainkan not treble. 
Gaya bermain Fingerpicking atau Fingerstyle itusendiri berkembang di Amerika Latin. 

Tahukah anda bahwah Senar terbaik bagi fingerpicking adalah string baja atau steel string, beberapa mengatakan satu-satunya string untuk fingerpicking adalah string baja. String ini menghasilkan suara lebih terang/bright dari nylon atau senar gitar klasik. 

Berikut 5 String Gitar Terbaik Untuk Fingerpicking atau Fingertyle 
Ini dinilai oleh pickgitar.com berdasarkan kriteria kemudahan untuk dibeli atau mudah ditemukan di toko-toko seluruh Indonesia, kemudahan (relatif), brand, dan review dari berbagai penjuru dunia ya kita sortir.

1. Elixir Polyweb / Nanoweb Coating atau Elixir Phosphor Bronze NANOWEB Acoustic Guitar Strings
Tidak terlalu sering bermain gitar? Beli string ini. Senar  berlapis NANOWEB memiliki suara mellow, memudahkan fingerstyle. Lapisan Nanoweb juga membuat string ini lebih lembut. Layak dinobatkan sebagai salah satu String Gitar Terbaik untuk Fingerpicking atau Fingerstyle.  Sungha Jung juga menggunakan String Merek Elixir Polyweb / Nanoweb Coating Coating. Sayangnya string ini mudah karatan. namun dengan nanoweb  coating ini menjadikan senar hybrid untuk gitar klasik yang paling banyak dimiliki gitaris Indonesia. Harganya Rp 170ribuan. Sedangkan jika anda ingin suara yang lebih berkualitas dan memiliki gitar akustik lebih baik sudah saatnya anda membeli String High End dari Elixir, yaitu Elixir Phosphor Bronze NANOWEB Acoustic Guitar Strings dengan harga Rp.185ribuan.

2. D’Addario EJ16-3D Phosphor Bronze
Nyaman digunakan, Menghasilkan suara yang bagus, dan user friendly untuk gitaris fingerstyle. memiliki anti korosi/anti karat yang lebih baik menjadikan pesaing berat untuk String Gitar Terbaik untuk Fingerpicking atau Fingerstyle. Hargan  D’Addario EJ16 berkisar 120ribuan.

3. Martin MSP4200 SP Phosphor Bronze
Steel String Martin MSP4200 SP Phosphor Bronze memiliki harga yang relatif murah, menghasilkan sound yang bagus, sayangnya semakin sering anda menggunakan string ini untuk fingerstyle membuat jari anda terluka. dijamin jari anda berair aka cantengan :) ) harganya Rp.60ribuan.

4. Ernie Ball 2146 Regular Slinky
Murah, dan banyak dipasaran, merek ernie ball sendiri sudah menyatu untuk pasar Indonesia. bahkan seperti merk mobil toyota yang dijadikan standar acuan gitaris yang niat ke profesional. harganya cukup murah Rp55ribuan.

5. DR Strings Rare – Phosphor Bronze
Mungkin yang dihasilkan bukan suara malaikat namun memiliki suara yang beda dibanding string lainnya. Suara bass yang besar dan kualitas yang tak kalah layak dijadikan keranjang belanja
Lebih baru Lebih lama