teknik Gitar

Bicara musik metalcore pasti tak lepas dengan distorsi cadas dan lick-likc serta teknik melodi gitar  rumit dan cepat yang di bawakan oleh sang gitaris. seperti lagu lagu Trivium, Avanged sevenfold, As I Lay Dying Dll.

Menurut wikipedia, Metalcore adalah genre turunan dari hardcore sehingga tidak termasuk dalam genre metal. Tetapi kok namanya bisa “Metalcore”? Ternyata dulunya genre ini bernama Metallic-Hardcore sehingga media menamai genre ini dengan Metalcore. 

 Apasih teknik gitar andalan para gitaris Metal core dan harcore?
Berikut adalah 8 teknik andalan Gitaris Metalcore dan Hardcore versi zonagitar.net

1. Downstroke-Upstroke adalah teknik dasar picking. Biasanya dalam metalcore menggunakan picking yang cepat. Baca juga postingan cara melatih picking sederhana.


2. Pinch harmonic adalah teknik yang menggunakan pick dan dibantu dengan ibu jari sebagai penghasil nada harmonic. Ini dilakukan sepersekian detik setelah Anda memetik senar diikuti sedikit sentuhan dengan ibu jari. Baca panduan belajar Pinch Harmonic


3 Lick-lick Arpeggio adalah teknik arpeggio yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga membentuk nada-nada yang indah. Biasanya ditempatkan pada bagian chorus tetapi tidak menutup kemungkinan di bagian intro atau ending part. Anda dapat mendengarnya di lagu-lagu Trivium.


4. Harmoni Dua Gitar adalah teknik yang memadukan harmoni dari dua gitar sehingga membentuk irama yang indah. Itulah kenapa hampir semua band metalcore menggunakan 2 gitaris. Untuk memahami harmoni antara dua gitar,  Anda harus sedikit tahu tentang scale-scale tertentu sehingga memudahkan untuk mencari nada-nada harmoninya.


5. Tremolo Picking adalah hampir Sama dengan Arternate Picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.

6. Power Chord Hampir semua musik ber genre metal dan hardcore menggunakan teknik power chord, Baca penjelasan belajar power chord

7. String Skipping With Palm Muting. Teknik ini sering sekali di gunakan dalam lagu metal seperti pada lagu Unholi Confenssions (Avanged Sevenfold) dan Like Light To The File (Trivium) 

8. Finger Tapping Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.
Lebih baru Lebih lama