10 Kesalahan Fatal Gitaris Dalam Belajar Gitar


Menjadi gitaris hebat dan keren merupakan impian setiap gitaris-gitaris pemula yang sedang berkembang. Akan tetapi terkadang mereka tidak tahu apakah latihan dan proses pembelajaran gitar yang mereka lakukan benar atau salah. Ketika mereka belajar gitar dengan otodidak(tanpa guru/private), sangat mudah untuk membuat kesalahan tanpa mereka menyadarinya.
Berikut ini adalah 10 kesalahan yang dilakukan oleh gitaris pemula :
1. Latihan Sendiri
Menjadi seorang gitaris yang handal tidak bisa diraih secara instan dan berlatih sendiri bukanlah pilihan yang tepat. Latihlah permainan gitar anda sesuai tempo dengan menggunakan metronome agar tidak off the beat.
Jika tidak punya metronome, anda bisa menggunakan backing music sebagai asisten anda untuk berlatih dalam penyesuaian tempo.

2. Ingin langsung bisa bermain terlalu cepat
Bisa bermain gitar dengan teknik yang cepat memang terlihat keren, akan tetapi jika kita terlalu cepat dan keluar dari tempo beat akan mengakibatkan tidak harmonisnya melody pada lagu. Latihlah dengan bertahap. mulai lah dari tempo 20 BPM, 40 BPM, 50 BPM dan seterusnya. Jagalah keharmonisan dan keakuratan tempo permainan anda dengan lagu yang menemani anda berlatih.
3.Bending yang terlambat / terlalu pelan
Suara2 melody hasil bending memang terlihat keren dan cool. Akan tetapi latihlah bending anda on tempo dan tidak dilebih2 kan dan juga tidak dikurang2 ngi. Bending tidak boleh terlambat 0.1 detik sekalipun, karena akan menghasilkan suara yang tidak enak karena off tempo. Oleh sebab itu latihlah tingkat kekuatan dan keakuratan bending anda secara rutin.
4. Terlalu mengandalkan efek
Penggunaan efek memang penting untuk mempercantik dan mempertegas lagu. Akan tetapi jangan jadikan efek untuk pelarian kesalahan note yang anda hasilkan. Pemakaian efek juga harus diperhatikan, kapan harus men switch on kapan harus menjadikan clean. sehingga lagu yang anda mainkan tidak terkesan lebay dan tidak hanya mengandalkan efek saja.
5. Hanya ingin Lead tetapi lemah di rhythm
Terkadang kita berfokus pada note yang akan kita mainkan, dan melupakan rhythn. Rhythm aadalah kunci utama keindahan pada gitar, jika anda memainkan tidak sesuai dengan rhythm bisa dipastikan anda gagal dalam membawakan lagu.
6. Hanya mendengarkan satu aliran musik
Terpesona terhadap 1 aliran musik memang boleh, akan tetapi ada baiknya jika kita ber explorasi dengan aliran2 musik yang lain. Disamping kita mendapatkan pengalaman, kita jg bisa menambah wawasan yang ada di aliran2 musik tersebut.
7. Bermain Gitar Un Plug / tanpa di colok ke ampli
Bermain Gitar listrik un plug memang terkesan keren, dan cool... seperti layaknya John Mayer pada umumnya. Akan tetapi kita tidak bisa mengkoreksi detail kesalahan2 kita karena bunyi yang dihasilkan sangat kecil sekali.
8. Tidak melakukan tuning sebelum bermain gitar
Tuning adalah pusat dari segalanya, boleh dibilang tuning gitar adalah faktor utama untuk keharmonisan dan keselarasan nada pada gitar. Tuning harus benar-benar on the tune atau pas, tidak boleh meleset sedikitpun karena akan mengakibatkan hal yg fatal pada permainan gitar anda.
9. Tidak melakukan pemanasan atau peregangan sebelum bermain
Pemanasan jg merupakan satu faktor penting sebelum bermain gitar, dengan melakukan peregangan kita bisa mencegah keram lengan atau jari pada saat kita bermain nantinya. Pemanasan jg bisa melatih kelenturan jari2 kita saat melakukan fingering.
10. Tidak mau belajar teori
Hal ini sudah merupakan hal yang umum, bnyk dari para gitaris pemula yang mau langsung prakterk dan masuk pada lagu tanpa di dasari dasar yang kokoh. Banyak kegunaan dari teori tersebut sebenarnya memudahkan kita untuk mengemplementasikan apa yang sudah kita dapat.

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}