Teknik Menemukan Nada Dasar Dari Sebuah Lagu - ZonaGitar.NET | Majalah Gitar Online Indonesia

Mobile Menu

More News

logoblog

Teknik Menemukan Nada Dasar Dari Sebuah Lagu

Oktober 02, 2014

Sering kali seorang musisi saat bermain Gitar, Piano atau Keyboard mereka mengungkapkan "Main di C atau mainya di Nada Dasar A mayor atau A minor, dan nada lainnya". Nah kalimat-kalimat ini  makaksud sebenarnya adalah nada dasar yang digunakan dalam lagu yang di mainkan.

Nah, saat seseorang bermain gitar atau piano misalnya menggunakan nada dasar C mayor, maka, nada C inilah yang berfungsi (menjadi/dijadikan) sebagai : nada “do” : penulisan yang sering kita jumpai dalam notasi angka adalah : C=do / C=1; atau do=C / 1=C.
 

Didalam sebuah nada dasar, terdapat sejumlah nada yang tersusun secara berjenjang, yang disebut sebagai Tangga Nada, atau yang sudah kita kenal dengan solmisasi, seperti “do-re-mi-fa-so-la-si-do”.Sekarang, disini terdapat dua jenis tangga nada yang umum digunakan, yakni Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor. 

Catatannya adalah : Mayor selalu diawali dengan nada do, sedangkan Minor selalu diawali dengan nada la.
 

Contoh:
• Apabila nada dasarnya – C mayor, maka nada C inilah yang menjadi nada do (C=do / C=1; atau do=C / 1=C). Susunan nada-nadanya adalah : C  -  D  -  E  -  F  -  G  -  A  -  B  -  C
 • Atau, jika nada dasarnya – F mayor, maka nada A inilah yang menjadi nada do (F=do / F=1; atau do=F / 1=F). Susunan nada-nadanya adalah : F(do) G(re) A(mi) Bb(fa) C(sol) D(la) E(si) F'(do'). • 

Bila nada dasarnya – A minor, maka nada A yang akan menjadi nada la (A=la / A=6; atau la=A / 6=A).