Gia Federico atau kerap disapa Gia G merupakan gitaris shredder wanita pendatang baru asal Boston, Amerika, Namanya mulai mencuat saat ia mengunggah video istrumental gitar karya barunya 'The Chase' di youtube yang berhasil mendapat  284,000 views sejak setahun lalu.

Di dalam video yang berdurasi sekiatar hampir 4 menit tersebut Gia tampak lihai memainkan berbagai teknik gitar tingkat tinggi seperti two handed taping, speed picking, sweep picking dll diatas freet board gitar jackson model Left Handed dengan sempurna. 

Gia berbeda dengan gitaris wanita pada umumnya, selain kecantikan dan musiknya yang keren, wanita yang lahir pada 2 Nov 1997 ini adalah seorang gitaris kidal, hal ini yang membuat fans gia semakin bertambah seiring waktu. tak banyak juga gitaris wanita kidal di dunia ini.

Mulai belajar gitar sejak 10 tahun lalu secara otodidak dari buku dan video lesson, namun ia mulai fokus dalam bemusik sejak tiga tahun terakhir, Gitaris dunia yang berpengaruh dalam gaya permainan dan musiknya adalah eddie van halen, Jef beck yngwi Malmsten serta pemain gitar yang dia suka saat ini Michael Abdow dan Tom Kopyto serta Mechael McDowel.

Tak heran, anda akan melihat pengaruh besar Edie van helen yang terkenal akan teknik gtar two handed tapping nya yang popular berada dalam permainan gitar Gia federico. 

"Pengaruh nya jeff beck, eddie van halen dan awal Yngwie Malmsteen,Anda dapat melihat pengaruh Eddie vahalen cukup besar dalam permainan gitarnya." ungkap presiden Sheredguy Rechord asal Amerika Michael McDowel via ponselnya kepada zonagitar.com saat di mintai pendapat  pada kamis 13 Nov kemarin. 
 

Dia sangat menyukai gitar jackson dan Marshall Amplifier, tak heran dia selalu terlihat memakai gitar jackson model Left Handed saat ia perform walopun tak banyak gitaris yang suka terhadap gitar jackson.

Saat ini gia sedang menggarap sebuah video baru yang akan di selesaikanya tahun ini. Gia juga berhasil masuk Top 15 Female Hard Rock and Metal Guitar Shredders di metalholoc.com
 

Lebih baru Lebih lama