Siapa Monic Mutu Manikam? , Gitaris Rock Cantik Asal Surabaya


Dok. Indonesia Got Talent

Siapa Monic Mutu Manikam? Nama Ratna Mutu Manikam atau yang kerap di sapa Monic Mutu Manikam pasti sudah tak asing di kalangan gitaris surabaya, dia adalah gitaris cantik  sekaligus vokalis band rock bernama Monic & Geekboyz yang sudah cukup terkenal di surabaya dan juga gitaris band Bathseba.


Monik mulai tertarik pada gitar dan mempelajarinya sejak usaia 10 tahun, kala itu ia masih duduk di kelas IV SD. Monik belajar dari ayahnya sendiri yang juga seorang gitaris serta di bimbing oleh Om Gatuk Wicaksono (Gitaris Macan). Ia juga bergabung dengan komunitas gitaris Surabaya. Bukan hanya itu, Monic juga terinspirasi oleh berbagai gitaris terkemuka. Misalnya, Paul Gilbert, Kiko Loureiro, Mita The Virgin, dan Prisa dalam bermusik.

Saat berlatih, jari Monic sempat sobek. ”Latihan tapping (menekan-nekan senar gitar seperti orang mengetik, Red)  Selain sobek, jarinya pun ngapal (kulitnya menebal). Namun, dia tidak peduli. Baginya, yang penting belajar dan belajar.

Meski perempuan, Monic mengaku lebih suka dengan lagu rock dan metal. ”Soalnya, lagu rock condong gahar, banyak teknik gitarnya juga,” tuturnya. Meski memainkan tempo yang cepat dan teknik yang cukup tinggi, Monic tidak kesulitan. Dia juga tidak perlu melihat catatan not maupun kunci yang dimainkannya. Monic telah menghafalnya di luar kepala.

Untuk lebih mengasah mental dan skillnya, Monik sangat aktiv mengikuti perlombaan musik dan ajang pencarian bakat bergengsi yang di gelar oleh sejumlah stasiun TV swasta tanah air seperti, Indonesian Got Talen SCTV, Kompetisi Flaying With Ibanez Indonesia, Festival band Radio Show TV One dan Digitar Icon UZONE RCM  ANTV.

Meski terbilang masih sangat muda ,Gadis kelahiran 12 Juni 1997 ini sudah lihai dalam bermain gitar serta menguasi teknik-teknik gitar tingkat tinggi tak heran ia sudah berhasil mengantongi banyak sekali prestasi di terutama di bidang musik di antaranya Juara 1 Festival Band Radio Show Tingkat Pelajar, Gitaris terbaik festival dan lomba seni siswa Nasional, dan yang terbaru ia berhasil menyabet predikat The best Coolest Player Digitar Icon (UZONE RCM) dari Ahmad Dhani. Berkat prestasinya saat ini monik telah di kontrak oleh Republik Cinta Manageman (RCM) Selama tiga tahun.

Monik yang kerap tampil dengan gitar Wild Fire-X ini mengaku sangat menyayngi gitar, bagi monik gitar adalah sahabat karib terutama gitar Wild Fire-X miliknya, monik mengaku gitar ini memiliki arti khusus, tak heran monik sampai memberikan nama Si Belang.

" Ada sih arti khususnya, kan di album pertama Monik And The Geekboys ada satu lagu  solo gitar ciptaan monic yang judulnya 'si belang', dan monik sering make gitar ini karna coraknya belang". ungkap Monik


Saat ini monic telah melahirkan satu album bertajug "Juara" bersama bandnya Monic and The Geekboys dan sudah mengantongi 3 karya instrumental beorientasi gitar yang berjudul Sibelang, Rain Of Fire I, dan Rain Of Fire II. Untuk mendukung penampilanya monic mengandalkan paduan gitar buatan indonesia Wild Fire-X yang ber pick-Up EMG HZ, Pedal Wah Jim Dunlop Cray Baby, Boss OD-3 Digital Delay Boss NS -2 Tubeman.

Monik juga memiliki obsesi yang sangat besar untuk  bisa berkolaborasi dengan seluruh gitaris perempuan terbaik indonesia dalam satu panggung. "Obesei terbesar monic saat ini, ingin berkolaborasi dengan seluruh Top Gitaris Perempuan yang ada di indonesia dalam satu panggung, semoga zonagitar.net bisa menjadi mediatornya". ungkap monik sambil tertawa. (Oko/ZG)

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}