Ayu Gusfanz, Dewi Gitar Cilik Asal Bali.
Foto.Doc pribadi Ayu.
Aisyah Eka wahyu Utami atau sering disapa Ayu Gusfanz merupakan gitaris perempuan cilik berusia 9 tahun asal Nusa Dua, Bali yang sekarang namanya mulai menghiasi dunia maya dengan skill gitar yang dimilikinya yang jauh di atas rata-rata anak seusianya,

Namanya mulai mencuat saat ayu mengunggah beberapa video covernya  ke situs youtube beberapa waktu lalu dan sukses menghipnotis setiap pengunjung situs tersebut lewat aksinya bermain gitar dengan sangat lincah bak gitaris profesional dewasa.

Darah musisi di warisi ayu dari ayahnya, Sejak kecil Ayu terbiasa mendengar lagu-lagu instrumental seperti Steve vai dan Yngwie Malmsteen  yang diputar sang ayah, dan ayu sering melihat ayahnya bermain gitar serta manggung bersama bandnya, momen inilah yang membuat ayu tertarik untuk mempelajari alat musik gitar dan ingin menjadi gitaris.

  Akhirnya pada usia sekitar 7.5 tahun ayu memaksa sang ayah untuk mengajarinya gitar, meskipun pada awalnya sang ayah tidak mau ayu menjadi gitaris dengan alasan agar ayu berbeda dari dirinya, namun dengan melihat bakat yang dimiliki ayu serta kemampuan yang ayu tunjukan jauh melebihi perkiraan akhirnya ayu berhasil membuat sang ayah berubah pikiran dan ayahnya pun akhirnya mau mengajari ayu.

Tak hanya kepada ayah ia belajar, sang paman juga sering memberi refrensi buat Ayu, serta om nya yang tinggal di Jawa, Jon progresif (Situbondo) ,Prihatna Jimmy P (Banyuwangi) mereka berdua biasa memberi refrensi Online kepada ayu.

Ayu sangat giat dalam belajar, setidaknya minimal 30 menit sampai 60 menit dalam sehari ayu habiskan untuk berlatih, terkadang bisa lebih tergantung dari tingkat kesulitan lagunya. di samping ayu harus belajar pelajaran sekolahnya.

Ayu tergolong anak ajaib,sebab, hanya di butuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk ayu menaklukan lagu "Far beyond the sun" milik Yngwie Malmsteen yang notabene penuh dengan trik dan teknik gitar tingkat tinggi  seperti Taping, Sweeping, Arpeggio Speed Picking dll ayu mampu kuasai., Ini waktu yang sangat singkat untuk anak seusia 9 tahun seperti ayu ini. 

"satu lagu pernah sampai 6 bulan belajarnya (far beyond the sun) Yngwie Malmsteen ,saat itu ayu belum bisa speed ,tingkat kesulitan luar biasa dan durasi lagu panjang heee ....itu instrumen pertama kali ayu belajar speed." ucap ayu kepada wartawan GitarPlus beberapa waktu lalu.

Setelah  hatam lagu "far beyond the sun" milik Yngwie Malmsteen akhirnya ayu pun di beri hadiah berupa gitar Ibanez Jem FP yang sampai sekarang setia menemani ayu bermain gitar dan sekaligus sebagai gitar pertama yang di miliki ayu.
 
Kala itu lagu yang berhasil di cover ayu saat belajar gitar adalah Yngwie Malmsteen "Far Beyond the sun" dan Steve vai "For The love Of God. meski gitar yang di pakai ayu lebih besar jika di bandingkan dengan ukuran tubuhnya namun hal ini tidak menjadi penghalang buat ayu.

Ayu sangat mengidolakan Yngwie Malmsteen,Steve Vai,Joe Satriani ,jhon Petrucci,Garry Moore,Andy Timmons ,Erick Johnson , Andy James ,Guthrie govan. menurutnya, mereka memiliki sklil yang istimewa dan cocok untuk refrensi ayu dalam bermusik sekaligus untuk mengasah kemampuanya dalam belajar mamperdalam ilmu dan teknik gitarnya.

Berbekal  Gitar Ibanez JEM FP (not ORI ) dan  -efeck: NS-2 Boss,PB 1000 Behringer,CS 400 Behringer,Cry Baby GCB 35 Dunlop, TU-80 Boss,DS-1 Boss,MT-2 Boss,TS 9 Ibanez,RV-5 Boss, dan DD-7 Boss Amp:Russel RG-15 dan tentunya skill luar biasa yang dimiliki, ayu sukses mencuri perhatian dunia, bahkan  ayu sempat mendapat apresiasi dari gitaris dunia sekelas Andy Timmons dan Andy James . woow.

"Untuk covering (cry for you) Andy Timmons ,Beliau memberi Apresiasi dan video Ayu di Tag di FB nya ,di (official Andy Timmons ) Dan Andy James juga memberi Apresiasi beliau comment di YouTube dan video Ayu di tag di fb nya jg(official Andy James )" ungkap gadis cilik kelahiran Bondowoso 3 Juni 2005 ini kepada GitarPlus.

Meskipun saat ini ayu masih duduk di bangku Sekolah dasar di SDN 1 Benoa, Nusa dua ,Bali, ayu sudah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan yaitu  juara 1 The best performance bersama Band nya (MajestY band) di sebuah Acara di HOTEL Ayodya Nusa Dua 14 November 2014 -Juara: Harapan 1 dan Favorit 1 di acara BANYUWANGI GUITAR COMPETION 26 Okt 2014 Se Jawa Bali.

Sekarang ayu juga sedang mengikuti kompetisi gitar online Flying With Ibanez 2015, sukses selalu buat Ayu.

Berikut Cuplikan video ayu saat mengcover lagu War March by Andy James.



Lebih baru Lebih lama