Harus diakui, Ron "Bumblefoot" merupakan gitaris dengan jam terbang yang super padat dan memiliki pengalaman musik segudang, namun ini tidak membuat Ron "Bumblefoot" Thal berpuas diri. Dia terus mengasah dan menambah referensi musiknya dengan mengamati musik dari gitaris-gitaris lain, termasuk gitaris dari Indonesia.

Seperti yang di kutip Zonagitar.net dari metrotvnews.com, Ron yang sempat aktif bersama Guns N' Roses itu bahkan mengapresiasi musik dari salah satu gitaris ternama Indonesia, Dewa Budjana.

"Saya suka saat musik (modern) dicampur dengan musik tradisional, saya suka Dewa (Budjana), materinya banyak nuansa tradisionalnya, itu yang saya suka, bisa menggabungkan dengan baik. Sangat spesial dan personal," kata Ron saat ditemui di @america, Pacific Place, Jakarta, pada Kamis (16/4/2015).

Bagi Ron, musik tradisional dapat jadi nilai lebih dan ciri khas tersendiri bagi musisi, "Semua orang bisa membuat musik tetapi jika Anda mencampur dengan akar (budaya) itu akan lebih spesial."

Dewa Budjana dan Tohpati memang mendapat kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan Ron malam ini, Kamis (16/4/2015) di @america. Tetapi, Ron sudah lebih dulu mengenali musik karya gitaris asal Bali itu.

Sebelum menutup sesi wawancara, Ron pun memberikan sedikit tips untuk para gitaris yang datang.

"Intinya jangan balapan dengan drummer, drummer adalah bossnya, biarkan drummer memimpin dan Anda mengikutinya," tegas Ron.
Lebih baru Lebih lama