bb king Meninggal Dunia

Gitaris Blues besar dunia, BB King di kabarkan telah meninggal dunia pada usia 89 setelah sakit beberapa waktu lalu, kabar ini sudah dikonfirmasi oleh Pengacaranya Brent Bryson  bahwa ia meninggal dengan tenang dalam tidurnya di rumah kediamanya di Las Vegas pada kamis (14/05/2015) .

 Dia mengalami serangan jantung ringan setelah melanjutkan turnya beberapa bulan yang lalu. ia juga sempat mengumumkan kondisinya "ia dalam perawatan rumah sakit di Las Vegas" dan menambahkan: ". Terima kasih kepada semua untuk keinginan baik dan doa".

B.B King lahir pada tahun 1925, ia dikenal sebagai salah satu dari Tiga Kings Of Blues Gitar bersama Albert King (1923-1992) dan Freddie Raja (1934-1976). Gaya vibrato tunggal-string nya, dipengaruhi oleh Blind Lemon Jefferson, T-Bone Walker dan lain-lain, ia telah mempengaruhi sebagian besar gitaris yang mengikutinya.

King dikenal sebagai sosok yang membawa blues dari kawasan pedesaan menjadi musik mainstream. Dia telah mempengaruhi generasi gitaris dunia dari Eric Clapton hingga Stevie Ray Vaughan. Sepanjang hidupnya, dia selalu membawa gitar Gibson yang diberinya nama Lucille.

Rekor pertama diluncurkan pada tahun 1949 sebelum ia menandatangani kontrak dengan RMP Records dan bekerja dengan produser Sam Phillips. Hit pertamanya adalah 1952 ini 03:00 Blues dan serangkaian keberhasilan diikuti, termasuk Grammy Award pada tahun 1970 untuk versinya Thrill The Is Gone. 

Dikutip dari Time, King telah menjual jutaan rekaman di seluruh dunia. Dia juga sudah masuk ke Blues Foundation Hall of Fame dan Rock and Roll Hall of Fame. Pada 2009, dia mendapatkan Grammy untuk ke-15 kalinya dalam kategori album blues untuk One Kind Favor

Dia dilantik ke Blues Hall Of Fame pada tahun 1980, Rock And Roll Hall Of Fame pada tahun 1987, dan R & B Music Hall Of Fame pada tahun 2014. Dia tercatat sebagai gitaris ketiga terbesar sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone.


Lebih baru Lebih lama