gitar Seven String
Beberapa waktu lalu majalah Guitar World merilis list "sepuluh lagu terbaik sepanjang masa yang dimainkan menggunakan gitar tujuh senar". Beberapa nama besar bersanding dengan nama-nama yang tergolong pendatang baru. Dan seperti biasa, list seperti ini selalu menuai pro-kontra di kalangan publik dan media.




Meski masih tergolong minoritas dibandingkan enam senar (six strings) dalam hal penggunaan oleh musisi, namun seven strings guitar memang bukan instrumen yang tergolong asing. " name="more">



Gitar tujuh senar (seven strings) sudah banyak digunakan oleh musisi-musisi dari berbagai jenis musik. Dari kalangan rock dan metal, bisa ditengok nama-nama seperti Steve Vai, John Petrucci, Joe Satriani, Fredrik Thordendal  atau Jeff Loomis yang kerap terlihat menggunakan seven strings. 



Tak heran jika beberapa di antara nama-nama itu menjadi gitaris-gitaris yang lagu-lagunya masuk dalam daftar 10 Lagu Terbaik Sepanjang Masa Dengan Gitar Senar Tujuh versi Guitar World.

01. Korn - "Blind" [Korn, 1994]

02. Steve Vai - "The Riddle" [Passion and Warfare, 1990]

03. Meshuggah - "Future Breed Machine" [Destroy Erase Improve, 1995]

04. Dream Theater - "The Dark Eternal Night" [Systematic Chaos, 2007] 

05. Joe Satriani - "Seven String" [Strange Beautiful Music, 2002] 

06. Emperor - "The Prophet" [Prometheus: The Discipline of Fire and Demise, 2001] 

07. Nevermore - "Born" [The Godless Endeavor, 2005] 

08. Animals as Leaders - "CAFO" [Animals as Leaders, 2009] 

09. Morbid Angel - "God of Emptiness" [Covenant, 1993] 


10. Deftones - "Hexagram" [Deftones, 2003] 

 

Dengan terpilihnya lagu Korn sebagai puncak daftar ini sempat menimbulkan pro-kontra di kalangan Netizen, karena kapasitas kedua gitaris Korn dianggap tidak selevel dengan sebangsanya Steve Vai, John Petrucci  atau Fredrik Thordendal.  
Bahkan Media seperti Metal Injection  menganggap list tersebut sebagai omong kosong belaka. Namun pihak Guitar World punya alasan tersendiri mengenai lagu Korn yang mereka jadikan sebagai nomor satu. 
“Korn membantu mengangkat kembali penggunaan gitar tujuh senar setelah meredupnya gaya mencabik gitar yang dipopulerkan grunge.” Demikian tulis Guitar World.
Tapi walau demikian , daftar di atas setidaknya masih memuat lagu-lagu yang memang pantas dianggap sebagai lagu terbaik yang manggunakan gitar tujuh senar. Meskipun sebenernya Guitar World juga mengakui ada lagu-lagu lain yang juga tak kalah pantas untuk masuk dalam daftar ini seperti misalnya lagu “Racecar” dari Periphery atau “Whales” milik Scale The Summit.
Namun menurut Guitar World, lagu-lagu tersebut masih tergolong baru karena dirilis dalam rentang lima tahun terakhir sehingga lebih tepat jika dijadikan pertimbangan untuk masuk daftar ini di masa yang akan datang. 
Dilematis Memang jika membuat list dengan embel-embel ‘sepanjang masa’ karena pasti akan selalu muncul karya-karya yang tak kalah keren di masa yang akan datang. 
Lebih baru Lebih lama