baron soulmate
foto: Wikipedia

Di era sekarang ini persaingan di dunia musik di tanah air sudah semakin keras, hal ini lantaran banyaknya band baru bermunculan baik yang memiliki modal yang besar dan masuk ke label terkenal atau pun band yang independen sudah tak terhitung jumlahnya.

 Suatu band pastinya tidak hanya ingin sekali muncul dan kemudian tenggelam dan dilupakan oleh masyarakat, maka dari itu band tersebut harus punya karakter, kualitas, skill dalam bermusik dan membentuk basis penggemar sendiri.

Hal itu juga yang di ungkapkan Aria Baron Suprayogi (atau biasa dikenal dengan Baron) dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

"Semua orang bisa jadi artis, mereka bisa membuat rekaman dan video di rumah kemudian upload ke YouTube dan dilihat banyak orang. Tetapi yang membedakan, bukan hanya unik, tetapi juga harus punya skill dalam memainkan alat musik," ujar Baron

Baron juga mencontohkan, band-band yang berasal luar negeri yang punya skill diatas rata-rata sehingga bisa bersaing di industri musik dunia.

"Kalau sedang menggelar konser, ribuan orang rela beli tiket yang harganya tergolong tidak murah bahkan sampai antri untuk mendapatkannya, karena mereka punya skill dan musikalitasnya tinggi," kata gitaris kelahiran 16 Januari 1970 tersebut.

Selain itu, untuk bisa bertahan diindustri musik, sebuah band juga harus punya kreatifitas marketing.

Perkembangan teknologi , seperti adanya media sosial dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai wadah untuk mempromosikan band tersebut. Kemudian, kerjasama dengan event orginizer acaranya juga perlu dilakukan agar semakin banyak kesempatan mereka untuk tampil sehingga akan menambah jam terbang dan semakin dikenal orang lain.

"Sekarang jamannya direct selling, kita sendiri yang harus aktif mempromosikan band melalui media-media yang ada," tandasnya.
Lebih baru Lebih lama