Seperti yang kita ketahui bahan utama pembuatan gitar pada umunya adalah kayu, namun di Bandung ada  gitar yang terbuat dari bambu bernama Virageawie, dan kepopuleranya kini sudah sampai mancanegara.

Mungkin ada diantara kalian yang baru mendengar nama Virageawie. Alat musik ini termasuk dalam alat musik gitar. Uniknya, 99 persen bagiannya terbuat dari bambu, hanya bagian finger board saja yang ditambah material kayu.

Virageawie sendiri di produksi oleh Indonesian Bamboo Community. Karena desainnya yang unik, gitar ini banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari musisi hingga kolektor. Pesanan yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga hingga ke luar negeri.

Penjualan Gitar ini hanya melayani made order, alias berdasarkan pesanan. Selain itu gitar ini juga hanya diproduksi dalam jumlah terbatas setiap bulannya. Untuk satu harga unit gitar dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta. Virageawie sendiri sebenarnya merupakan plesetan kata dari bahasa Sunda yakni ‘pirage awi’ yang berarti hanya bambu.

Meski terbilang mahal hanya karena terbuat dari bambu, keunikan, kualitas dan kekreatifannya patut kita hargai. Di negeri sendiri, produk Virageawi ini belum banyak diminati, namun di negara lain banyak diminati.
Lebih baru Lebih lama