Software Guitar Rig merupakan salah satu VST gitar amplifier/effect yang sangat populer dan paling sering digunakan oleh gitaris indonesia maupun luar negeri baik utuh recording atau di studio. namun banyak pengguna Guitar Rig yang mengabaikan atau belum mengetahui  fitur-fitur penting yang bisa mengoptimalkan penggunaan guitar rig.  

Berikut 10 Fitur Penting Guitar Rig Yang wajib kamu tahu.
1. Kualitas suara yang lebih baik.
Setting Guitar Rig for High Quality Sound




Tekan saja tombol HI tersebut untuk menghasilkan suara output efek yang lebih berkualitas, tapi dapat memakan kemampuan CPU. Namun hasilnya pantas untuk CPU yang harus bekerja keras

2. Mengatur Noise Gate secara otomatis
Guitar Rig Automatic Gate Noise
Ada fungsi tersembunyi dari Noise Gate dari guitar rig, sering kali efek yang dikeluarkan efek distorsi begitu banyak noise. Untuk mengatasinya adalah dengan Gate limiter. Ada bisa mengatur sendiri sesuai keperluan anda. Tapi jika anda ingin guitar rig yang melakukan penyaringan noise secara otomatis, doubleclick tombol Gate, lalu diam sejenak, jangan mainkan gitarnya. Maka, guitar rig akan mempelajari input dan mensetting thresholdnya secara otomatis untuk membuang noisenya.

3. Mengatur Level Volume secara otomatis
Guitar Rig Automatic Volume Level Setting
Tekan tombol LEARN tersebut, maka akan keluar jendela baru dan mainkan gitar sekeras mungkin, guitar rig akan mempelari suara tersebut dan secara otomatis akan mensetting seberapa keras suara input akan efek gitar terdengar lebih bagus.

4. Mencegah Peak Volume level atau Spikes
Guitar Rig Peak Volume Limiter
PEAK atau melebihi batas kemampuan output akan menghasilkan suara yang terdistorsi dan penuh dengan noise, maka harus dibatasi sehingga efek distorsi yang dihasilkan tetap terdengar dengan enak.

5. Meminimalkan tampilan amplifier.

Jika tampilan amplifier terlalu besar dan mengganggu saat mengedit efek, maka minimize dengan menggunakan tombol plus.

6. Merekam Permainan gitar.
Record Guitar Rig using Tap Deck Pre
Merekam gitar bisa dengan Tapedeck Pre dan Tapedeck Post, jika merekam dengan tapedeck pre, maka ganti playnya pada At Input, jika merekam menggunakan tapedeck post, maka set pada At Output.

7. Menstem Gitar dan variasi stem-an gitar / Tuner and Alternative Tuner.

Menstem gitar dengan guitar rig

Anda bisa menstem gitar menggunakan guitar rig. Ada juga variasi stemannya mulai dari yang chromatic, hingga Open D, dan DADGAD (setingan steman gitar Mark Tremonti ).

8. Shortcuts Penting
F1: Mengubah tampilan standard dan Live view.
F2: Menampilkan/Menyembunyikan “sidekick” (di bagian kiri jendela guitar rig, Components, and Options).
F3: Menampilkan/Menyembunyikan Rig Kontrol  pada standard view / Tampilan standar.
F4: Menyembunyikan semua kecuali ruang efek gitar rig, dan tampilan ditarik agar memenuhi tempat / lebar layar monitor secara vertikal.
9. Mengirim Setting efek kedalam MIDI controller
.
Jika anda memiliki MIDI controller, maka anda bisa mengirim setingan efek guitar rig ke MIDI controller.
10. Membagi efek menjadi parallel

Dengan menggunakan fitur SPLIT Kita dapat membagi suara input untuk diproses dengan efek yang berbeda yaitu dengan memisahkannya menjadi dua bagian parallel . Fitur fitur tersebut akan dapat memaksimalkan penggunaan guitar rig.

 Selamat mencoba.
Lebih baru Lebih lama