Cara Mudah Meload Guitar Rig 5 Untuk VST Pada FLstudio

Guitar Rig 5 merupakan software efek gitar di komputer yang dapat juga digunakan untuk VST pada FLstudio. Dengan cara anda meloadnya pada Flstudio maka anda bisa merekam permainan gitar anda menggunakan flstudio  yang nantinya anda gabungkan dengan instrument lainnya seperti drum, bass, piano, dan lainnya untuk membuat sebuah instrumen lagu. Flstudio juga merupakan music digital maker atau DAW (Digital audio workstation) sama seperti Software Nuendo, Cubase, Pro Tools dan lainnya.
Setelah anda menginstall guitar rig 5, maka VST guitar rig akan dapat dibuka melalui Flstudio. Namun, di sini anda harus melakukan beberapa langkah agar guitar rig 5 dapat diload di flstudio dengan lancar.
Langkah- Langkah Meload Guitar Rig Pada FLstudio.
1. Klik pada tab Channel, lalu arahkan ke “add one“, maka anda tidak akan menemukan vst guitar rig 5 karena belum dilist / diaktifkan sebagai salah satu vst di flstudio. maka;
2. Klik saja “add more” pada bagaian atas sendiri. Maka akan muncul list beberapa vst yang sudah diaktifkan dan yang belum diaktifkan. Yang sudah aktif terdapat tanda “F” pada kotak sebelah kiri masing masing vst. 
Vst guitar rig berada di bagian tab bawah “vst 1 & 2 plugins“. Anda Cari guitar rig 5 anda beri tanda “F” dengan mengklik kotak sebelah kiri guitar rig 5. Jika ternyata guitar rig 5 belum ada di list tersebut, maka klik saja “refresh” lalu pilih “fast scan/ recommended“. Maka flstudio akan mencari vst apa saja yang ada di komputer. dengan demikian guitar rig 5 akan muncul di salah satu list, dan anda aktifkan.
3. Jika sudah diaktifkan, maka vst guitar rig 5 akan muncul saat anda buka Channel>add one.
Kemudian anda akan membuka vst guitar rig 5 tersebut melalui Channel Mixer.
Peringatan!!!: dilarang meload vst ke dalam Master Channel karena suara akan jadi satu dan tidak bisa diedit. maka guitar rig 5 harus diload di channel lain yaitu channel “insert“. di situ terdapat insert 1, insert 2 dan lainnya.
Pastikan Inputnya sudah ditentukan, kemudian terdapat beberapa list input vst yang bisa anda MIX sesuka hati. Tapi, kali ini kita pakai guitar rig 5 saja. Caranya adalah (jangan lupa: aktifkan insert 1 atau 2 atau 3, bukan channel master), tekan tanda panah ke bawah, maka akan membuka list vst dan anda pilih guitar rig 5. Pilih salah satu efek guitar rig 5, dan anda bisa mulai merekamnya atau sekedar menggunakannya sebagai pengiring yang anda mainkan dengan vst lainnya seperti bass dan drum.
Semoga Bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama