Pedal efek merupakan gear yang wajib dimiliki oleh seorang gitaris rock, metal, jazz, blues , hingga dangdut untuk menunjang kualitas permainan gitanya. Pedal efek juga sering di sebut sebagai pasangan sejati gitar elektrik, karena tanpa efex suara gitar yang dihasilkan akan biasa saja.

Ada dua jenis efek gitar yang sering di pakai oleh seorang gitaris, efek gitar digitar dan efek gitar stombox. keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu merunah suara asli senar gitar ke menjadi suara suara yang keren seperti distorsi, delay, Overdrive dan masih banyak lagi.

Ada ratusan merek pedal efek yang beredar di pasaran dari yang harganya murah hingga yang super mahal, dan hal inilah yang biasanya membuat gitaris bingung untuk memilih pedal efek terbaik.

Berikut zonagitar.net sajikan 10 pedal efek gitar terbaik yang semoga bisa menginspirasi anda dalam menentukan efek gitar sesuai kebutuhan.

1. Keeley  Red Dirt Germanium Overdrive

Smooth, compressed and warm itulah keistimewaan pedal Keeley Germanium Red Dirt , tak heran banyak gitaris yang memfavoriti Pedal ini. Sustain yang di hasilkan panjang dan sangat smooth. Tidak ada treble spike atau mid hump. Kekurangannya pedal ini sedikit noise, mungkin karena rangkaian germanium.

2. Red Panda Raster Delay

Raster adalah sebuah pedal digital delay dengan pitch shifting dan modulation. Pedal ini cocok untuk yang gemar bertualang menemukan sound-sound aneh, unik, imajinatif. Dari subtle chorus hingga sound delay yang rusak, robotic, alien, apocalypse, semua ada di pedal ini.

3. ARC Effects Crimson King

Crimson King merupakan sebuah pedal fuzz yang fat dan aggressive. Knob Timbre nya mampu mengsilkan  sound fuzz mid scooped yang smooth atau bahkan memutar balik frekuensi mid low sehingga menghasikan fuzz yang gahar namun tidak kehilangan definisi. Sebagai fans Big Muff dan Rat, Crimson King cocok disejajarkan dalam ordo yang sama.

4. TenTen Devices Triangle Fuzz

Ini merupakan sebuah pedal fuzz yang gila. Cara menggunakannya dengan ditempel ke gitar, tanpa footswitch. Jadi kita nyalakan via toggle switch. Karakter fuzz nya mirip dengan Zvex Fuzz Factory namun lebih sopan dan usable. Tenten Devices Triangle sangat keren jika digunakan di panggung. Akan efektif sebagai gimmick dan atraksi yang unik.

5. Alexander Pedal Radical Delay

Alexander Pedal adalah perusahaan pedal efek baru yang sedang mencuri perhatian. Salah satunya adalah Radical Delay, pedal digital delay dengan fitur pitch shifter dan bit crusher serta modulasi chorus dan vibrato. Sangat liar namun sangat halus.  Pitch shifting delay merupakan fitur yang banyak di sukai dari Radical. Suaranya seperti Decepticon. Namun ketika kamu menginginkan sesuatu yang lebih tradisional, cukup dengan menjentikkan toggle switch ke fitur modulasi maka jadilah delay dengan chorus.

6. Joyo Sweet Baby

Low gain overdrive rata-rata punya tabiat yang sama. Antara memotong low atau menaikkan mid. Namun Joyo Sweet Baby ini cukup adil. Tidak terlalu mengubah tone asli gitar namun mampu memberikan sedikit ‘crunch’ dalam kadar yang manis. Saya menggunakan telecaster dan jarang ada pedal low gain overdrive yang mampu menjaga pickup neck telecaster tetap clear ketika digenjreng. Joyo Sweet Baby mampu melakukan itu. terlebih harganya pun murah!

7. Chasebliss Audio Warped Vinyl Mk.II

Chasebliss Audio terkenal sebagai perusahaan pedal yang memiliki konsep pedal yang sangat kompleks dan kaya akan fitur. Dan Warped Vinyl adalah sebuah pedal chorus untuk chorus haters! nerbeda dengan pedal chorus modern yang cenderung glassy, clear, sterile. Nah, si Warped Vinyl Mk.2 ini adalah kebalikan itu semua. Chorus yang dihasilkan sangat warm dan terdengar vintage. Vibrato nya pun dibuat berdasarkan Boss VB2 yang legendaris. Di luar dari ketersediaan fitur yang kompleks.

8. Pigtronix Envelope Phaser

Perpaduan antara envelope filter dan phaser adalah hal yang jarang ditemui. Pigtronix berhasil menggabungkan kedua pedal ini dalam satu box yang ciamik. Phaser yang tebal dan warm dan envelope filter yang responsif. Semua ini disatukan lewat control panel yang cukup mudah dipahami. Semua knob dan switch nya cukup intuitif.

9. GFI System Clockwork 2

GFI System Clockwork 2. Dari mode analog, digital hingga multi head tape delay tersedia di dalam pedal dengan ukuran yang bersahabat dengan pedalboard. Tap tempo dengan sub division juga memudahkan untuk mengakses preset dan pattern yang kita inginkan.  Kaya dengan fitur, stereo, sound bagus dan bisa tap tempo serta menyimpan presets. sungguh pedal yang patut untuk anda coba.

10. Bondi Effects Del Mar Overdirve

CRUNCH. itulah  kata yang paling pas untuk bisa menggambarkan Bondi Effects Del Mar overdrive. Dibuat berdasarkan sirkuit dari Tubescreamer dan Marshal Bluesbreaker, Del Mar memiliki 2 opsi suara serta EQ Bass dan Treble aktif. Headroom nya juara banget sih. Sound yang dihasilkan cukup gemuk dan lebar namun tetap jernih dan punchy.
Lebih baru Lebih lama