Seorang musisi sejati seharusnya bisa menulis lagu sendiri, tanpa harus mengandalkan timnya. Begitulah bunyi kritikan yang dilontarkan Keith Richards, gitaris band Rolling Stone, saat mengkritisi musik-musik populer, khususnya dalam penulisan lagu bergenre pop.

penyanyi dunia sekelas Adele dan Rihanna pun tak luput dari kritikannya. Keith menganggap jika kedua penyanyi wanita itu tidak bisa mengandalkan kemampuan mereka sendiri. Sebab, banyak musisi saat ini yang hanya ingin menjadi terkenal, sehingga membuat kondisi dunia musik saat ini semakin memburuk.

"Saat ini banyak musisi yang berada di tengah-tengah masa sulit dunia hiburan. Ditambah dengan banyaknya peserta kompetisi X-Factor yang hanya mengejar popularitas. Jika itu yang diinginkan lebih baik belajar untuk hidup seperti itu," bebernya panjang lebar, dikutip zonagitar.net dari laman NME, Minggu (3/4).

 Keith juga mengatakan, kondisi musik saat ini berbanding terbalik dengan era-nya dahulu. Ia merasa menjadi musisi karena kemampuan yang dimilikinya. Gitaris kelahiran 18 Desember 1943 ini juga mengaku bahwa dirinya hanya membutuhkan waktu satu malam untuk menciptakan lagu ber-title "I Can't Get No".

"Saat menciptakan lagu itu, saya duduk di atas kasur sambil memainkan gitar kesayangan saya. Semua mengalir begitu saja," kata Keith.
Lebih baru Lebih lama