Gitar yang beredar di pasaran terdiri dari 4 golongan yaitu Asli, Custom , Replika dan Palsu. Tapi pada kenyataanya masih banyak yang belum paham tentang ke empat nama golongan gitar yang di sebutkan di atas.

Banyak yang salah kaprah dalam pemahaman terutama tentang gitar custom yang oleh sebagian orang di anggap gitar custom merupakan gitar buatan hand made luthier dan bukan gitar asli pabrikan yang memiliki kualitas jauh dari gitar asli pabrikan, Padahal anggapan ini jelas jelas salah. 

Untuk lebih memahami apa itu  Gitar Custom, Replika, Dan Gitar Palsu berikut zonagitar.net rangkum untuk kamu.

1. Asli/Orginal

Gitar yang sesuai dari pabriknya dan pembuatnya, memiliki lisensi,otentik fisik,detail pembuatan,sertifikat dan kualitas yang tidak usah diragukan lagi. dan Harga pun ga bisa bohong bahwa gitar original berharga lumayan mahal.

Setiap gitar pabrikan Asli biasanya di sertai dengan nomer seri unik yang terdapat pada belakang headstok yang bisa di cek lewat situs resmi merek gitar tersebut.

2. Custom/Kastem

Gitar Custom merupakan Gitar yang di buat sesuai pesanan yang memesan, sebagai Contoh Seorang Gitaris terkenal memesan dan memilih bahan, bentuk, disain yang di inginkan gitaris tersebut nama Gitar itu bisa disebut signature series/artis series dan jika kalian ingin membuat dan memesan Gitar khusus pilihan anda sendiri dan kalian belum terkenal Gitar itu bisa di sebut custom. 

Biasanya Gitar Custom Artis/signature series dibuatt dengan bahan dan spartpart yg berkualitas sama seperti Gitar original makanya ga heran Harganya Juga begitu mahal :D

3. Replika/Tiruan

Gitar Replika atau tiruan biasa di sebut sebagai Gitar Yang di buat menyerupai Aslinya tapi dengan kualitas bahan dan sparpart yg berbeda karna harga Gitar Tiruan biasanya sangat jauh dibanding yg asli,tapi untuk para pembuat Gitar tiruan yg bisa menyerupai/Mirip dengan aslinya patut di acungi jempol. 

Biasanya juga Gitar tiruan lebih kepada fisik/tampilannya yg bisa sangat mirip dengan aslinya.
untuk kalian yg memakai Gitar tiruan/replika jangan berkecil hati yang penting kalian mengakui/jujur bahwa Giatr itu tiruan justru jika tiruan itu bisa mempunya kualitas yg tidak terlalu berbeda jauh maka itu bisa jadi sebagai pencapaian yang luar biasa.

4. Fake/Palsu

Sebenarnya Gitar palsu/tiruan deskripsi/pengertian tidak beda jauh dengan Gitar Tiruan tetapi konotasi "Penipu" Point besar yang membedakannya. Karna banyak penjual yang didasari ingin untung besar dan lebih menarik perhatian konsumen seorang penjual menjual Gitar yg jelas-jelas palsu atau tiruan Dari merek gitar yang sudah mendunia dengan menyebutnya Original atau asli dengan harga yang sama seperti aslinya.
Lebih baru Lebih lama