IRTA Qasima, Gitari Dangdut Tercantik
Foto: Youtube.com
Zonagitar.Net - Inkha Rizki Taqiyya Amalia atau kerap di sapa IRTA merupakan Gitaris cantik berjilbab asal Grabag Magelang Jawa Tengah. Sosok gitaris cantik kelahiran 14 Mei 1997ini mulai di sorot publik saat dirinya kerap tampil bersama orkes qasidah benama Qasima yang video-video perform nya di unggah di situs youtube.

QASIMA merupakan Grup orkes qasidah irama melayu yang personilnya di dominasi oleh perempuan belia nan cantik yang selalu mengenakan jilbab di setiap perform nya dan sudah cukup terkenal luas di Magelang dan sekitanya. QASIMA sendiri berdiri sejak tahun 1984 dan sekarang sudah mengalami regenerasi ke 4.

Yuk simak interview irta dengan tim zonagitar.net beberapa waktu lalu.

  
Tim ZG: Kapan pertama kali mengenal instrumen gitar?

IRTA: Udah lama soalnya abah gitaris juga hehe

Tim ZG: Proses belajar gitarnya seperti apa nih, otodidak atau sempat ikut les?

IRTA:  Diajarin abah terus pernah les pas kls 3 sma tapi berhenti karna jadwal sekolah padet, selanjutnya belajar sendiri soalnya beda genre sama abah hehe.

Tim ZG: sebutkan orang2 yang terlibat dalam proses belajar gitar irta

IRTA: Abah. ada om Yoyok(guru gitar) temen2 gitar : mas candra(gitaris gillas obb) , mas tri (gitaris mgl) , om ipam (aranger qasima) ,

Tim ZG: Momen apa yang membuat kamu akhirnya ingin jadi gitaris?

IRTA: Kalo suka gitar sih dari dulu, seneng aja liat abah main, cuma tertarik jadi gitaris bener2 itu pas kelas 2sma.. waktu temen2 qasima regenerasi ke 4, (sejajar gitu).. gara2 dangdut juga sih jadi suka banget hihi

Tim ZG: Pola latihan gitarnya seperti apa

IRTA:  Penjarian terus,  ngejar materi lagu request,

Tim ZG: Lagu pertama yang dipelajari/diulik dan dimainkan sebagai seorang gitaris.

IRTA: Matahari dunia punya nasidaria. (karna iseng2 mau ikut masuk qasima,dites lagunya itu)

Tim ZG: Pengalaman menarik selama belajar/bermain gitar? Ceritakan...

IRTA: Waktu main dangdut. itu seruuu banget. liat orang joget, senyum liat aku sama tmn2, sampe pada minta nambah lagi.. dan minta kita jangan turun dulu. hihi

Tim ZG: Kapan pertama kali punya gitar sendiri? Sebutkan merknya dan ceritakan bagaimana kamu mendapatkannya...

IRTA:  Waktu kelas 2 sma, gitar pertama peavey , warna merah putih. dapet dari Om Yoyok, waktu itu blm punya gitar standart buat belajar soal nya gitar dirumah tua2 dan beberapa udah dijual. abis itu punya om Yoyok tak bawa terus tak gantiin pake hasil job dr qasima.. sebenernya ga boleh diambil sih haha, niatnya dipinjemin gitu, tapi akunya ngeyel soalnya enak. ??

Tim ZG:S iapa saja gitaris yang menginspirasi kamu? Alasannya...

IRTA: Pertama abah.. suka liat mainnya, kedua Joe Satriani, John Petrucci, banyak sihh .. soalnya suka rock jugaa. sama semua gitaris dangdut  yang bisa bawain lagu-lagunya dengan asik.

Tim ZG: siapa saja band rock yang irta suka,

IRTA: Paramore suka, dream theater suka, banyak e.. hehe  kalau penyayi, paling suka Nicky Aastria.

Tim ZG: Sebutkan gear (gitar, efek, ampli) yang kamu gunakan saat ini? Sebutkan tipe dan serinya juga ya...

IRTA: Sekarang pake Ibanez js 100 sama efeknya gt 10. amplinya Vox. tapi disediain bugera sama qasima.

Tim ZG: sebutkan band irta sebelum qasima.

IRTA: Sebelum nya band2an festivalan gitu, ada powerpuffgirl sama gloss dulu. setelah vakum ga band2an dari smp sampe sma kangen juga punya band, kalo adapun juga cuma bantu band temen  sama aktif di band smp sma.

Tim ZG: ceritakan Bagaimana irta masuk dan gabung dengan qasima.

IRTA: Gabung sama qasima sih dulu karna ditawarin sama mamah Tatik(basistnya qasima generasi sebelumnya).  terus iseng aja ikut + kan bisa dapet uang tambahan buat sekolah gitu, lagian manggung itu kan juga udah jadi hobby, jadi kenapa gak coba sesuatu yang baru. aku orangnya kepo an hihi

Tim ZG:  apa yang membuat irta tertarik terjun ke dalam musik dangdut terlebih menjadi gitaris dangdut.

IRTA: Seneng bisa liat orang senyum, joget2,  menikmati apa yang kita bawain, dari anak kecil sampe orang tua bisa joget semuanya. menurutku di Indonesia, cuma genre dangdut yang mampu bikin begitu.

dangdut itu musik yang beberapa orang negatif memandangnya, (pendapat Dr tmn2ku aku liatnya)  mungkin karna beberapa pembawaannya yaa yang gitulah yg bisa bikin orang negthink pokok nya.. yahh irta sih  juga pernah mikir negthink, tapi ternyata salah..kan bukan musiknya yang salah..

dangdut itu kan juga musik asli Indonesia .. patut ikut di lestarikan pokoknya,  jadi ya disamping itu pokoknya pengen merubah mindset negatif tentang dangdut. pokoknya asik dangdut itu kalo udah Andil didalamnya..(kalo irta lho)


Tim ZG: Saya lihat kamu juga jago bernyayi, apakah less vokal juga?

IRTA:  Dulu sempat les vokal tapi cuman berangkat 2 pertemuan ajah karna bentrok sama jadwal manggung qasima.


Berikut Penampilan Irta bareng Qasima.




Lebih baru Lebih lama