Menguak Rahasia Sound Gitar Eross Candra So7


Siapa yang tak mengenal Eross Candra,  gitaris dan pencipta lagu dari band pop asal Jogjakarta Sheila on 7 merupakan salah satu gitaris yang sangat konsisten terhadap sound gitar yang dihasilkannya, Bright dan overdrive.

Di setiap aksi nya, overdrive sound selalu menjadi pilihan utamanya . Ampli gitar pun selalu dalam posisi drive. Tak ketinggalan tubescreamer pedal favorit Eross yang di gunakan untuk memboost agar mendapatkan sustain yang lebih panjang saat lead atau melody gitar.

"Posisi kob drive arah jam 10, tone jam 1 dan level jam 3 !", tegas nya saat ditanya mengenai setting pada tubescreamernya. Sedangkan untuk mendapatkan sound clean Eross mematikan tubescreamer dan menutup separuh volume di gitar nya.

Dalam pemilihan gitar untuk rekaman, Eross sangat selektif memilih gitar apa yang cocok untuk irama dan lagu yang direkamnya. Untuk isian rhytm, Eross banyak menggunakan gitar akustik. Gitar akustik andalannya saat ini ialah Gibson Western Country yang merupakan Sheryl Crow signature series.

Pada sesi gitar elektrik untuk lagu lagu upbeat Eross lebih memilih memakai  Les Paul Custom 1972 miliknya untuk menghasilkan suara gitar yg responsif. Seperti yang terdengar pada lagu Sahabat Sejati (album Kisah Klasik Untuk Masa Depan), Seberapa Pantas (07 Des), dan Radio (507).

Sedangkan untuk lagu yang medium beat, gitar Fender di percaya eross untuk lebih mendapatkan karakter bright dan crunch dalam tiap petikan khas nya. Masih. Dengan gitar vintage, ia menggunakan Fender Telecaster 1967 dan Stratocaster 1971 seperti yang terdengar di lagu Kita(album Sheila on 7), Dan (Sheila on7), Bertahan Disana (Jalan Terus-The Best of), Betapa (Menentukan Arah)
 

Eross juga menggunakan gitar bariton Fender Bajo Sexto pada lead gitar lagu Pasti Kubisa (Berlayar). dan sejak diendorse oleh Squire Pada bulan November 2012 silam Eross selalu menggunakan gitar signaturnnya sendiri "Squire Telecaster Eross Candra Series".hingga sekarang.

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}