Gitar Ibanez RG550 merupakan salah satu model gitar terpopular yang pernah diproduksi oleh pabrikan Ibanez. Tipe gitar yang satu ini merupakan prototype dari JEM yang dimiliki oleh Steve Vai.  Dengan headstock dan cutaway yang tajam khas Ibanez membuat gitar ini terlihat sangar dan elegan. Ibanez RG550 juga menampilkan banyak pilihan warna yang membuat gitaris bisa memilih sesuai selera.

Gitar ini mengandalkan material kayu Basswood untuk bodi, lalu maple wizard pada neck. Di fingerboard, RG550 menggunakan kayu Rosewood/Maple yang membuat bobotnya lebih ringan namun dengan sound low-mid yang sangat baik serta sound High yang smooth untuk memanjakan gitaris dalam performing maupun recording.

Untuk masalah Playability, gitar ini sudah tak diragukan lagi, terutama pada neck dan fretboard-nya. Dengan 24 fret yang tersedia membuat para gitaris leluasa mengeksplorasi nada terendah hingga nada tertinggi. Hebatnya lagi, gitar ini mampu di-setting hingga senar bisa mendekati fretboard. 

Pada bagian bridge, RG 550 menerapkan teknologi super fleksibel dari Ibanez Edge up/down Tremolo yang sangat stabil dalam tuning, memberikan kenyamanan dalam vibrato maupun memainkan trik Whammy Bar seperti yang kerap dilakukan oleh Steve Vai, Joe Satriani atau pun Eddie Van Halen.

Untuk urusan sound, Ibanez RG550 menyajikan konfigurasi pickup Ibanez V7 Humbucker - Ibanez S1 Single – Ibanez v8 Humbucker yang menghasilkan semburan sound distorted yang galak, dan sound clean yang bluesy. Itulah yang membuat RG550 ini bisa dimainkan di genre musik apapun. Namun juga, jika Anda banyak mengasah pola permainan ala shredder, maka gitar inilah jodoh Anda!
Lebih baru Lebih lama