Festivaland 2019 Siap Gebrak 10 Kota Seindonesia

Advertisement
NnSemakin banyaknya platform yang memfasilitasi musisi untuk memasarkan karyanya, memberikan peluang industri musik sidestream di Indonesia berkembang semakin besar. Dari portal online, musik sidestream semakin mempunyai massa tersendiri untuk mendapatkan penggemarnya. Skena musik yang semakin banyak dikenal dikalangan masyarakat di seluruh Indonesia ini juga semakin mendorong pertumbuhan industri pendukungnya, seperti fashion, videography, art, records label, dan masih banyak lagi. Musik memang sempurna untuk didengar, namun terasa kurang
jika musisi-musisi sidestream ini tidak eksis di event festival musik.

Hype festival musik memang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, namun tidak semua publik dapat merasakan suasananya secara langsung. Event festival skala nasional biasanya diadakan di kota-kota besar di Indonesia. Berangkat dari isu tersebut, sejak 2018 LAzone.id bekerjasama dengan PT. Dyandra Promosindo untuk menjawab keinginan masyarakat dengan menghadirkan festivaLAnd, sebuah festival musik yang diselenggarakan di second city. Di tahun 2019 festivaLAnd berkembang menjadi 10 kota, sehingga menggandeng Bold Experience untuk mengakomodasi festivaLAnd 2019.



Hadir di kota Manado, Banjar Baru, Pontianak, Makassar, Pekanbaru, Samarinda, Palembang, Jember, Purwokerto dan Semarang, roadshow festival musik ini akan digelar dari bulan Juli hingga November 2019. Dengan menargetkan total 218.000 pengunjung dengan usia 18-35 tahun, dari kalangan pelajar, karyawan, entrepreneur dan professional muda, festivaLAnd mengajak pengunjung untuk berkolaborasi.

Tidak hanya tentang musik, festivaLAnd juga menyuguhkan berbagai macam gimmick acara, seperti foodland, market place, community activity mulai dari mural, drone, record store, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, untuk mendorong sisi kreatif dari publik, akan digelar juga creative & innovative talks dari narasumber profesional di bidangnya, entrepreneur muda dan artpreneur local disetiap kotanya. Tidak berhenti disitu gimmick lain yang bisa dinikmati seperti custom culture, music collaboration dan competition.
1. Special Performance
Menjadi highlight dari festivaLAnd, special performance dari band nasional akan memeriahkan festivaLAnd. Menghadirkan 46 musisi sidestream skala nasional, diantaranya Ari Irham, Barasuara, Danilla, Dipha Barus, Diskopantera, Efek Rumah Kaca, Fiersa Besari, Fourtwnty, FSTVLST, Killing Me Inside, Pee Wee Gaskins, Pusakata, Seringai, Shaggy Dog, Sisitipsi, Stars & Rabbit, The Sigit, Tipe-X, Wahyu Selow & Weird Genius. Selain itu, band-band lokal kebanggaan dari masing-masing kota juga memeriahkan stage festivaLAnd.



2. Foodland
Industri kuliner saat ini mengalami perkembangan pesat, dan memiliki segmentasi tersendiri. Oleh karena itu festivaLAnd menghadirkan 25 stan kuliner yang menyuguhkan menu-menu menarik, tidak hanya mengangkat ciri khas dari masing-masing kota, tetapi juga makanan kekinian. Selain itu festivaLAnd juga menjadi wadah bagi foodpreneur untuk berbagi cerita mengenai perjalanan usahanya, dan mengembangkan usahanya dengan menawarkan frenchise brand mereka kepada
pengunjung festivaLAnd.

3. Creative & Innovative Talks Area
Area ini disediakan di festivaLAnd sebagai tempat untuk sharing session dan talkshow dari narasumber profesional di bidang masing-masing. Tidak hanya mengangkat tema terkini, narasumber juga akan berbagi pengalaman, mulai dari musik, fashion, brand lokal dan industri kreatif lainnya.

4. Creation activity

festivaLAnd menyediakan aktifitas khusus untuk komunitas dan penggiat industri lainnya untuk dapat
berkolaborasi dan menghasilkan sebuah karya. Mulai dari kolaborasi musik, stand up, live pinstrips, live garage/custom culture, dan lain sebagainya.

5. Market Place
Merupakan area untuk komunitas, fashion, brand lokal dan nasional, record store, start up, fashion dan industri kreatif lainnya. Di mana area ini sebagai ajang pamer karya dan komersial, sehingga bisa dikenal masyarakat luas.



6. Kompetisi
Untuk semakin meramaikan festivaLAnd, akan diadakan kompetisi setiap harinya untuk para pengunjung dan komunitas. Kompetisi E-sport, barista competition, mural war, expressing dan coloring logo akan mengajak pengunjung mendapatkan experience yang berbeda dengan festival musik lainnya. Sebut saja para pecinta games online bisa mencoba mengikuti e-sport dengan permainan yang sedang hits saat ini, atau mural war di mana para artist atau peserta dapat berekspresi di sebuah objek seperti helm, tangki motor atau di kanvas yang selanjutnya bisa dijual. Atau expressing di mana para pengunjung bisa mengekspresikan diri di area karaoke.

7. Rangkaian Festivaland

Manado             12 – 14 Juli 2019
Banjarbaru         19 – 21 Juli 2019
Pontianak          TBC
Makassar           2 – 4 Agustus 2019
Pekanbaru         23 – 25 Agustus 2019
Samarinda        30 Agustus – 1 September 2019
Palembang        13 – 15 September 2019
Jember              4 – 6 Oktober 2019
Purwokerto       18 – 20 Oktober 2019
Semarang         8 – 10 November 2019
Keseluruhan program acara ini akan dihadirkan di 10 kota festivaLAnd, sehingga tidak hanya sekedar festival musik, tetapi juga sebagai wadah kolaborasi bagi komunitas dan local hero masing-masing kota untuk menghasilkan suatu karya dan dikenal masyarakat luas. festivaLAnd juga menjadi sebuah area hang out positif bagi seluruh elemen masyarakat untuk dapat berekspresi, berkolaborasi, berkreasi dan berkarya.
Advertisement

Posting Komentar

0 Komentar