Membuat Ampli Gitar Sendiri Dari Skema serta PCB Layout Ibanez GTA10

Membuat Ampli Gitar Sendiri Dari Skema serta PCB Layout Ibanez GTA10

 

Cara Membuat Ampli Gitar Dari Skema serta PCB Layout Ibanez GTA10

Bagaimana sih cara membuat Ampli Gitar sendiri?, membuat ampli gitar sebenarnya susah susah gampang, aslkan kita aham tentang elektonik pastinya bisa untuk membuat efek gitar ataupun ampli gitar sendiri di rumah.
 
Berikut zonagitar.net berikan contoh  Skema serta PCB Layout Ibanez GTA10. Amplifier gitar ini hanya membutuhkan daya 10w saja. IC yang bekerja sebagai power amp yaitu TDA2030, sedangkan untuk tone controlnya menggunakan IC JRC4558. Kedua IC tersebut banyak kok yang jual di pasaran dengan harga yang murah. Membuat sendiri amplifier gitar ini akan membuat anda lebih hemat, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, apalagi jika kotak speaker di desain seadanya. Anda bisa gunakan semua barang yang ada di rumah, kalo gak ada ya bisa ke martial untuk beli tripblok dll.

Alat Dan Bahan 

  1.  Solderan yang masi nyala..

Bahan:

  1. R1 10 ohm
  2. C1 10 µF 25V Elco
  3. C2 220 µF 25V Elco
  4. C3 0,01 µF
  5. C4 0,005 µF
  6. Potensio 10K
  7. IC LM386
  8. socket IC LM386
     
  9. adaptor 5 – 12volt

 


Skematik dari amplifier gitar ini sebagai berikut:
Cara Membuat Ampli Gitar Dari Skema serta PCB Layout Ibanes GTA10
Skema dan Layout PCB yang daya share disini benar-benar clone dari ampli gitar ibanez lho, Cukup puas untuk dikamar. Buat yang tidak percaya, silahkan lihat gambar berikut dan bandingkan dengan gambar dari video perakitan ampli gitar yang sudah saya buat.
Ini adalah gambar dalam rangkaian ampli gitar ibanez:




Dan berikut ini layout yang saya rubah agar sesuai dengan kotak box amplifier yang saya buat agar bisa muat. Saya hilangkan input sama output headphonnya agar bisa di pasang dengan peletakkan yang bisa disesuaikan menggunakan kabel. Berikut gambarnya:
 
Selamat mencoba dan semoga berhasil!
owh iya, untuk speaker gunakan 8ohm 5 inch dan tidak boleh kurang dari 10w speakernya. Untuk trafonya anda bisa gunakan trafo CT 500ma. Untuk fuse sebenarnya opsional, tapi kalo ingin aman, bisa anda gunakan fuse 250ma aja.

Tidak ada komentar

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}