TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Mengenal lebih Dalam Tentang Bagian Ampli Gitar Untuk Pemula



Ampli gitar mungkin bagi semua orang bukan hal yang asing, terutama bagi gitaris. Bentuknya kotak, kebanyakan berwarna hitam. Dan memang bentuknya dari masa ke masa tidak banyak berubah, cuma pada teknologinya saja yang menyesuaikan zaman.

 Mungkin kebanyakan musisi jaman sekarang sudah banyak memakai ampli digital berupa software macam amplitube. Namun pada dasarnya pengembangannya juga dari amplifier fisik konvensional.

ampli gitar amplitube Bagi gitaris pemula, mengenal ampli gitar ini wajib untuk menunjang performa yang maksimal. Ampli ini menjadi bagian tak terpisahkan dari gitar, dan harus dipahami betul bagian-bagian dan cara penggunaannya.

Pada dasarnya, amplifier gitar itu hanya terdiri dari tiga bagian dasar, yaitu Preamp, Power Amp, dan Speaker. Tiga bagian itu akan didesain sedemikian rupa menjadi Head Cabinet atau Combo. Teknologi dan elektronik yang digunakan pun berbeda, ada All Tubes, Solid State, atau Hybrid.

.
  •  PreAmp 

  • Power Amp
Namanya power berarti untuk menguatkan sinyal yang telah diproses oleh section preamp tadi. Jadi sinyal yang keluar dari section preamp tadi, akan diterima dan diteruskan oleh section power amp ini. Pengaturan-pengaturan seperti master volume, presence, dan berapa watt kekuatan amplifier bisa disebut sebagai bagian power amp amplifier kita.

  • Speaker 

Speaker adalah bagian ketiga dan bagian terakhir dari ampflikasi gitar. Speaker untuk amplifier gitar jelas berbeda dengan speaker ampli audio. Speaker gitar bukanlah speaker full range biasa. Speaker gitar harus dapat menyokong suara distorsi dari pre-amp dan power amp. Tugasnya tentu untuk mengeluarkan suara clean dan distorsi yang telah diproses oleh section preamp dan power amp amplifier sebelumnya. ampli gitar Open back 2×12 .

 Ukuran speaker gitar pun berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan sound yang diinginkan gitaris, mulai dari 8, 10 sampai 12 inch.

Untuk cabinet speaker gitar professional, biasanya menggunakan ukuran 4×12, yang artinya menggunakan 4 buah speaker berukuran 12 inch. Desain cabinet speaker amplifier gitar pun berbeda-beda, ada yang open back (bagian belakang terbuka) atau closed back (bagian belakang tertutup).

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.