7 Pedal Efek Overdrive Distorsi Terbaik Untuk Rock Dan Metal

 
zonagitar.net.- ciri khas Musik rock dan metal ialah distorsi gitar yang cadas, pada musik metal atau rock efek overdrive dan distorsi sangat berperan penting. Beberapa efek gitar berikut ini dijamin bakal meningkatkan kualitas sound gitar untuk proyek band metal kamu.

Musik Metal Dan Distorsi High Gain

Musik Metal sendiri memiliki banyak variasi, mulai dari yang jadul seperti Deep Purple atau Black Sabbath hingga modern seperti Meshuggah atau Animals As Leaders.

Tapi benang merah yang bisa ditarik dari semua genre tadi, adalah suara gitar elektrik dengan overdrive atau distorsi kental. Suara gitar tersebut menjadi ciri khas musik rock dan metal yang paling mudah dikenali.

Ada sangat banyak pilihan efek overdrive dan distorsi yang ada di market aksesoris gitar saat ini, manakah yang paling tepat? Kali ini Gutiarsquartz akan membantu memilih berbagai efek distorsi dan overdrive terbaik untuk Anda.

Efek Saja Tidak Cukup!!

Betul, perhatikan juga ke amplifier mana kita akan mencoloknya. Pastikan Anda tidak mencoba semua efek di bawah ke ampli Jazz Chorus, karena suaranya pasti tidak akan maksimal.

Carilah sebuah ampli tabung dalam keadaan sehat, baik head atau combo, baru kita bisa menilai kualitas efek distorsi dan overdrive.


Berbagai Efek Overdrive Dan Distorsi Terbaik Untuk Rock Dan Metal

Dengan efek atau overdrive manapun seharusnya kita bisa menghasilkan tone yang pas untuk metal, tapi efek-efek di bawah ini didesain khusus untuk musik keras, sehingga tidak butuh waktu lama untuk settingnya.

  • Revv G4
Efek buatan Revv Amplification ini adalah perwujudan dari channel high gain yang terdapat pada salah satu amplifier mereka. Memiliki banyak variasi suara dari ke lima knob dan tiga switch untuk pilihan karakter suara.

Revv G4 memang sakti untuk metal, tapi bisa juga kalem memainkan blues atau slow rock selama gain-nya kecil. Bisa digunakan mulai dari rig besar dengan multi amplifier ataupun pedalboard rig yang direct ke mixer.

  • Mesa Boogie Throttle Box EQ
Efek distorsi ini memiliki fitur yang lengkap untuk membentuk suara distorsi metal. Memiliki 2 channel gain lengkap dengan tambahan sebuah graphic eq besar.

EQ tadi bisa digunakan untuk channel HI dan LO. Sangat berguna untuk memberikan 2 suara distorsi yang kontras. Misalnya channel LO tanpa eq dengan tone yang crunch. Kemudian channel HI kita aktifkan EQ nya dengan boost di mid untukk suara solo gitar.

Jika ingin yang lebih simpel lagi, bisa pilih versi tanpa EQ-nya, hanya berukuran sebesar stompbox biasa. Tapi Throttle Box EQ memiliki fitur yang cukup untuk menjadi satu-satunya efek untuk ritem padat dan juga boost lead gitar.

  • Bogner Ecstasy Red Pedal
Reinhold Bogner adalah orang yang pertama kali memulai tren amplifier butik. Amplifier custom buatannya sudah digunakan berbagai musisi ternama dunia.

Tahun 2018, Bogner meluncurkan berbagai efek distorsi dan overdrive berdasarkan channel amplifier yang ada di ampli-ampli buatan Bogner. Salah satunya adalah Ecstasy Red.

Ecstasy Red dibuat berdasarkan channel high gain dari ampli Bogner Ecstasy. Sirkuit dalam efek ini menigikuti sirkuit handwired yang ada di ampli Bogner Ecstasy. Jadi suaranya ampli banget, tapi tetap clear dengan separasi not yang jelas meskipun high gain.



  • Ibanez TS 9
Ohhh, TS-9.. Siapa yang tidak kenal dengan efek satu ini. Seri efek Tube Screamer memiliki banyak sekali versi dan kloningan yang tak terhitung banyaknya..

Tapi untuk musik metal, TS-9 masih termasuk yang paling banyak dicari. Dibandingkan TS-808 yang lebih smooth dan kalem, TS-9 berkarakter lebih modern dengan treble yang lebih tajam dan sizzly.

TS-9 ini ada banyak sekali versinya, mulai dari 808, NTS, Mini, 808DX, dan lain-lain. Tapi untuk metal dan rock disarankan yang versi TS-9 nya. Mantap untuk mendrive ampli crunch untuk sound solo gitar.


  • Sinvertek Drive N5
Sinvertek adalah pedal efek buatan Wu Nan, seorang yang sangat fanatik dengan tone dari ampli dan efek gitar yang berkualitas. Dari tangannya lahirlah sebuah efek distorsi bernama Sinvertek Drive No 5 atau Drive N5.

Karakternya sangat natural layaknya menggunakan amplifier tabung. N5 juga memiliki range eq yang cukup lebar untuk membentuk karakter drive se akurat mungkin.

N5 juga memiliki kelebihan untuk volume boost atau gain boost, yang bisa diatur dengan mode switch. Jadi sekali tekan untuk mengaktifkan efek, kemudian tekan sekali lagi untuk boost gain atau volume, jadi tidak perlu tambahan booster lagi. Sangat fleksibel

  • Friedman BE OD Deluxe
Friedman Amplification sedang naik daun sebagai pembuat ampli, efek, dan berbagai aksesoris lainnya yang sangat dibutuhkan oleh gitaris. Dave Friedman, founder dari Friedman Ampllification sudah malang melintang selama 25 tahun di dunii modifikasi dan pembuatan amplifier custom.

BE 100 adalah salah satu amplifier yang paling banyak disukai para gitaris. Dave kemudian membuat amplifier tersebut dalam versi pedal efek yang kompak bernama BE-OD Deluxe.

Memiliki dua channel dengan kontrol knob yang serupa, tapi untuk channel 2 nya sedikit lebh low gain. Untuk gitaris rock sampai heavy metal, BE OD sudah menyediakan segala kebutuhan sound distorsi dan overdrive dalam satu unit efek.

  • Boss Metalzone MT2W
Metalzone memiliki reputasi yang sedikit 'miring' di kalangan gitaris metal, terutama karena soundnya yang kasar dan cempreng. Tapi nyatanya Metalzone masih menjadi salah satu efek Boss paling laris.

Di tahun 2018, Metalzone mendapat sentuhan update Waza Craft dari Boss.Update tersebut berupa penggunaan parts dan komponen lebih baik serta berbagai mode untuk menambah variasi suara Metalzone.

Kini ada dua switch, Standard dan Custom. Standard untuk sound klasik Metalzone, Custom untuk sound baru Metalzone ala Waza Craft yang lebih presisi dan natural di EQ-nya.

Tidak ada komentar

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}