TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Ini Perbedaan Gitar Fender Stratocaster dan Telecaster Bagus Mana

Perbedaan gitar fender


Popularitas gitar  fender Stratocaster dan Telecaster tidak bisa dipungkiri lagi. Maklum, keduanya termasuk dua gitar listrik paling tua yang ada di dunia. namun banyak pertanyaan mana yang lebih bagus antara fender Stratocaster dan Telecaster. baik mari kita bedah

Fender Telecaster adalah gitar elestrik pertama yang lahir ke dunia pada 1949 (saat itu bernama Broadkaster). Sementara itu, Stratocaster lahir empat tahun berselang. Keduanya memiliki persamaan yang sangat jelas. Baik Telecaster maupun Stratocaster tercipta berkat kreasi sang jenius, Leo Fender, yang kerap disebut sebagai kreator gitar listrik.

Kualitas serta nama besar keduanya membuat banyak gitaris menggunakannya. Sebut saja Muddy Waters, Bruce Springsteen, Keith Richards (Telecaster), Stevie Ray Vaughan, hingga Jimi Hendrix (Stratocaster). Alhasil, banyak gitaris yang merasa bingung ketika ingin memilih gitar listrik andalan mereka.

Apakah Telecaster, atau Stratocaster? Apa sih yang membedakan keduanya? Tenang, kali ini zonagitar.net akan membahas perbedaan Stratocaster dan Telecaster.

  • 1. Pickup

Pada dasarnya, Stratocaster dan Telecaster sama-sama memiliki jenis pickup single coil. Bedanya terletak pada jumlah pickup nya, Stratocaster memiliki 3 buah pickup, sedangkan Telecaster hanya memiliki 2 pickup single coil.

  • 2. Cutway

Tentunya terdapat perbedaan. Apabila Telecaster hanya memiliki satu tanduk di bagian bawah, Stratocaster punya dua, dengan satu lagi berada di bagian atas.

  • 3. Bentuk body

Selain itu, terdapat lekukan  di bagian body gitar Stratocaster. Sementara Telecaster punya bagian tubuh yang rata. Lekukan pada tubuh Stratocaster membuatnya lebih bersahabat untuk mereka yang memiliki perut yang tidak rata.

  • 4. Kontrol  Knob

Untuk kontrol kedua jenis gitar juga berbeda. Pada umumnya, Telecaster hanya memiliki dua knob, volume dan tone. Selain itu, terdapat satu switch untuk memilih pickup (depan, belakang, keduanya).
Berbeda dengan Telecaster, Stratocaster punya tiga knob, umumnya master volume dan dua untuk tone. Selain itu, switch-nya pun memiliki kombinasi unik. Posisi paling depan untuk pickup depan, kemudian untuk pickup depan dan tengah, selanjutnya pickup tengah, lalu pickup tengah dan belakang, terakhir untuk menyalakan pickup belakang saja.

Stratocaster cocok untuk kamu yang mengincar suara nyaring tetapi bulat. Selain itu terdapat vibrato bar yang bisa mengubah suara dasar dari Stratocaster.
Untuk kamu yang lebih suka tampilan sederhana, Telecaster mungkin bisa jadi pilihan. Dengan hanya dua pilihan pickup dan kontrol, Telecaster bisa mengeluarkan suara yang twangy.
 
STRATOCASTER 
Gitar stratocaster
TELECASTER
Gitar telecuster 

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.