Perbedaan Gitar Fret Biasa Dengan Gitar Multiscale


sering kali banyak yang bertanya Apa perbedaan antara gitar dengan fret biasa dibandingkan gitar dengan fret multiscale?

Multiscale atau fanned fret gitar adalah konsep di mana setiap string-nya mempunyai panjang scale yang berbeda satu sama lain. Pada umumnya, scale yang digunakan oleh gitar-gitar umumnya antara 25.5 inch, meskipun ada juga yang menggunakan scale yang lebih pendek atau lebih panjang

Yang paling jelas adalah tampilannya.
Tampilan fret gitar multiscale biasanya di pasang dengan posisi miring, hal ini sangat berbeda dengan gitar biasa yang posisi fretnya tegak lurus.

Perlu diketahui bahwa semakin kencang tegangan senar maka semakin tinggi nadanya, demikian sebaliknya. Namun hal itu juga tergantung dari beberapa faktor lainnya seperti ukuran senar, juga scale.

Untuk teknis ya, Tegangan senar bawah (senar 1) lebih kendor walaupun nadanya tinggi karena jarak antara ujungnya lebih pendek. Kemudian tegangan senar atas lebih kencang walaupun nadanya rendah karena jarak antara ujungnya lebih jauh.

Jadi kita bisa Bending lebih ringan di nada tinggi, juga chug lebih mantap di nada rendah. Sehingga multiscale / fanfret ini lebih efektif dan efisien untuk extended range, khususnya senar 8 keatas


  • Gitar Multuscale


gitar multiscale
  • Gitar fret Biasa

     


Tidak ada komentar

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}