Ini Tahapan Wajib Dalam Belajar Fingerstyle Gitar

Fingerstyle diambil dari kata fingerpicking-style artinya bermain gitar dengan cara memetik dawai menggunakan ujung jari/kuku. Bukan menggunakan plectrum atau yang biasa kita sebut pick. Dengan keterangan tersebut saya rasa sudah cukup jelas. Yang harus dipelajari dalam bermain fingerstyle adalah melatih jari-jari tangan untuk memetik senar
 

Tahap #1: Belajar Dasar Teori Musik dan Gitar

Layaknya belajar gitar pada umumnya, kita harus mengetahui dulu teori dan bagaimana memainkan gitar. Karena kalau tahap ini belum dipahami, akan sulit bagi kita mengikuti tutorial video fingerstyle atau malah ingin membuat aransemen sendiri. Feel-nya belum ada. Contohnya, tanpa harus melihat secara kesuluruhan jari mana saja yang menekan fret dan senar apa ketika kita membaca tablature (terkait dengan poin 3), tapi karena kita sudah paham, sehingga dengan sendirinya kita berfikir,

Adapun yang perlu kita ketahui adalah:

  • Tangga nada (misalnya diatonik mayor dan minor)
  • Progresi chord
  • Chord mayor dan minor
  • Extended chord (ke-7, 9, 11, dan 13)
  • Letak nada di Fretboard

Sumber gambar: onlineguitarlessons.co.uk

Ada satu lagi yang akan menjadi over kill, yaitu: kunci gantung, atau kadang orang menyebutnya sebagai kunci tegak, balok, atau istilah Bahasa Inggrisnya bar chord . Trust me, kalau ini bisa, mudah sekali untuk berpindah-pindah chord, extended chord, lengkap dengan interval quality-nya, mayor, minor, augmented, diminished, dsb.

Sumber gambar: hasil screenshot dari channel Youtube swiftlessons

Berikut beberapa infografis yang diambil dari sosial media saya yang mungkin bisa me-review tentang teori musik. Memang tidak berhubungan langsung dengan fingerstyle, tapi ini fundamental. Tidak ada salahnya kan?

Sorry, itu ada yang salah di gambar ke-3 dan 4. Di baris terakhir untuk setiap tabel seharusnya tertulis nama chord-nya. Di sana hanya tertulis chord 'C' saja. Kecuali di tabel terakhir, sudah benar tertulis "Cm7–5".

Tahap #2: Senam Jari

Mari kita masuk ke praktek, sambil kita tetap belajar tahap 1 tadi. Senam jari di sini maksudnya memindah-mindahkan jari untuk membentuk chord. Awalnya mungkin akan sulit karena tangan kanan belum "hafal" di mana persisnya senar ke sekian. Apalagi yang biasanya bermain gitar dengan menggenjreng dan belum terbiasa dengan memetik senar dengan bagian dalam ujung jari.

Nah, itu dia kuncinya. Fingerstyle berarti memainkan banyak untaian nada dalam satu waktu. Sehingga kita bisa bermain melodi, harmonisasi, bass, dan bahkan perkusi hanya dengan seorang diri dengan hanya satu gitar. Selagi jari tangan kiri membentuk suatu chord, tangan kanan memetik senar-senar tertentu. Bagaimana caranya? Jari tangan kanan perlu dibagi tugasnya, sehingga hanya jari tertentu yang memetik senar tertentu.

Sumber gambar: blitzguitar.com

Sumber gambar: tabs4acoustic.com

Dari gambar di atas, dapat kita simpulkan:

  • Jari manis HANYA memetik senar ke-1 (e. yang paling tipis)
  • Jari tengan HANYA memetik senar ke-2 (B)
  • Jari telunjuk HANYA memetik senar ke-3 (G)
  • Ibu jari memetik senar ke-4 (D), 5 (A), atau 6 (E)

Mulailah latih tangan kananya. Open string saja, tangan kiri diistirahatkan dulu. Misalnya, first touch-nya dengan cara ibu jari memetik senar ke-4, lalu kemudian jari telunjuk memetik senar ke-3, jari tengah senar ke-2, dan berakhir di jari manis memetik senar pertama.

Sekarang lakukan terbalik. Dari jari manis memetik senar pertama hingga ibu jari memetik senar ke-4.

Kalau sudah terbiasa, libatkan tangan kiri. Mainkan progresi chord yang tidak sulit dan dengan tempo yang lambat. Misalnya, lagu Pachelbel's canon. Agaknya lagu ini sudah banyak yang tahu. Progresinya seperti berikut:

> G > Am > Em > F > C > G

Lakukan latihan terus-menerus dan gunakan kreativitas masing-masing.

Tahap 3: Belajar Membaca Tablature

Jika jari sudah lentur dan sudah tahu jari apa yang memetik senar apa, maka saatnya kita belajar bagaimana membaca tablature.

Sumber gambar: guitargearfinder.com

Cukup perhatikan angkanya saja. Notasi musinya tidak harus dipahami. Saya juga tidak paham. Mari kita fokuskan di bar pertama:

Tablature gitar terdiri dari 6 baris horizontal yang masing-masing merepresentasikan senar gitar. Garis paling atas berarti senar pertama (yang paling tipis. Nada e) dan seterusnya hingga garis paling bawah berarti senar keenam (E). Tiap angka pada tiap garis melambangkan fret keberapa seharusnya ditekan. Bacanya, tentu, dari kiri ke kenan. Dari gambar di atas, berarti pertama-tama kita menekan fret ke-3 di senar ke-6 (gunakan ibu jari). Petik senar tersebut dan kita dapatkan nada G.

Selanjutnya, ada angka 0 di senar ke-3. Berarti, kita petik senar ke-3 open string (tangan kiri tidak menekan fret manapun).

Begitu seterusnya.

Opsional: Install Guitar Pro

Software ini layaknya Synthesia kalau kita belajar piano. Semi-wajib sih hukumnya punya software ini. Untuk tablature-nya bisa diunduh di 1,100,000 songs catalog with free Chords, Guitar Tabs, Bass Tabs, Ukulele Chords and Guitar Pro Tabs!.

Sumber gambar: guitar-pro.com

Akhir Kata

Bererlatihla secara teratur, misalnya 1 jam dalam sehari. Semuanya hal butuh proses. Setiap orang pasti memiliki proses yang berbeda. Beberapa membutuhkan waktu berminggu-minggu, bahkan ada yang berbulan-bulan. Jadi lambat atau cepat itu  relatif.

0 Komentar

Ada Pertanyaan?